Puluhan Calon TKW Nyaris Dijual ke 3 Negara Ini

Puluhan Calon TKW di Mapolres Metro Bekasi Kota, Rabu (25/4/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Puluhan Calon TKW di Mapolres Metro Bekasi Kota, Rabu (25/4/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

PULUHAN calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Nusa Tenggara Barat nyaris menjadi korban perdagangan manusia. Rencanaya mereka akan dikirim ke negara Malaysia, Thailan dan Brunai Darusalam.

“Kami tangkap di Jatimurni, Pondok Melati. Di sana korbannya ada 21 perempuan yang siap dikirim menjadi TKW,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jairus Saragih, Rabu (25/42018).

Jarius mengatakan, seluruh calon TKW ditampung di sebuah ruangan perusahaan penampungan kerja luar negeri bernama PT WJ. Di sana, polisi mengamankan satu orang pengelola yang berinisial ES.

“PT nya ilegal. Kami sedang melakukan pendalaman terkait apa saja prosesnya dan berapa biayanya. Kan informasinya ada ketentuan di mereka kalau gaji enam bulan dipotong,” katanya.

Menurut Jarius, tersangka ES merupakan pimpinan sekaligus penyalur TKW sejak bulan Januari 2018 lalu. Dari pengakuanya, ia sendiri sudah memberangkatkan lebih dari 60 tenaga kerja ke luar negeri.

“Seluruh TKW diduga menggunakan dokumen palsu. Sebab kami menemukan 22 cap stempel Dinas Sostran, Kepala Desa, P4TKI, BNP2TKI dan cap PT WJ,” katanya.

Dikatakan Jarius, seluruh calon TKW rencananya langsung dipulangkan ke Kampung Halaman. Sementara kasus perdagangan manusia ini dalam proses penyidikan.

“Pelaku dijerat pasal 2, pasal 85, pasal 71, pasal 86, pasal 72 UU No 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …