KPU Tekan Disdukcasip Rekam E-KTP Pemilih Pemula Berusia 17 Tahun pada 27 Juni

(Ilustrasi) Petugas terlihat sedang melakukan proses perekaman elektronik KTP. ILUSTRASI/AMARULLOH/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Petugas terlihat sedang melakukan proses perekaman elektronik KTP. ILUSTRASI/AMARULLOH/RADAR BEKASI

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menekan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) melakukan perekaman kepada pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada 27 Juni 2018.

Upaya itu untuk menigkatkan jumlah pemilih pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan Wali Kota-Wakil Wali Kota Bekasi 2018 pascapenetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi kami meminta kepada Disdukcasip jika ada pemilih pemula yang usianya baru menginjak 17 tahun pada tanggal 27 Juni, dapat direkam sebelum hari H,” kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Kanti Prayogo, Selasa (24/4/2018).

Sehingga, pada pemungutan suara 27 Juni 2018, pemilih pemula yang baru menginjak usia 17 tahun pada tanggal 27 Juni mempunyai hak politik untuk memilih pemimpin.

“Minimal mereka mempunyai Suket (Surat Keterangan) dari Disdukcasip. Jadi jangan sampai lolos pemilih pemula yang baru menginjak usia 17 tahun pada 27 Juni,” tuturnya.

Kanti memproyeksikan, jumlah pemilih pemula akan mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Karena target kami di Pilkada serentak 2018, partisipasi sebanyak 70 persen harus tercapai,” tandasnya.

Berdasarkan pleno terbuka rekapitulasi DPT, KPU Kota Bekasi menetapkan sebanyak 1.434.351 pemilih. Jumlah tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 713.687 orang dan pemilih perempuan sebanyak 720.664 orang.

Jumlah DPT hanya meningkat sebanyak 51.333 jiwa dibandingkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni sebanyak 1.383.018 pemilih‎. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …