Alokasi Anggaran Pilkades Sesuai Jumlah Hak Pilih

(Ilustrasi) Ramainya pelaksanaan pilkades di Desa Sukasari, Serangbaru Minggu (10/5). (Foto: Dok Radar Bekasi)

(Ilustrasi) Ramainya pelaksanaan pilkades di Desa Sukasari, Serangbaru Minggu (10/5). (Foto: Dok Radar Bekasi)

ANGGARAN Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Bekasi sebesar Rp28 miliar akan dialokasikan berbeda untuk tiap desa.

Setiap desa akan menerima dana bervariatif mulai dari Rp150 juta hingga Rp350 juta. Anggaran yang diberikan disesuaikan dengan jumlah hak pilih serta kondisi di masing-masing desa.

Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Benni Yusnandiar, mengatakan, apabila anggaran yang diberikan tidak mencukupi, pemerintah desa dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Untuk anggaran makan minum setiap pertemuan, kami sarankan di-back-up dari anggaran makan-minum di rapat-rapat minggon dari APBD Desa. Kalau itu bisa diterapkan insya Allah cukup,” kata Benni.

Selain itu, pihaknya pun mempersilakan panitia pelaksaanaan pilkades menerima sumbangan dari bakal calon kepala desa sesuai kesepakatan bersama dan kemampuan masing-masing.

“Kalau ada bakal calon yang kurang mampu dan nyumbangnya kecil ya nggak masalah dan itu tidak menggugurkan haknya sebagai calon kepala desa. Jadi jangan karena gara-gara nyumbangnya kecil dan persyaratan administrasinya terpenuhi, hak untuk mencalonkan dirinya hilang. Saya sudah tekankan itu,” kata dia. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …