Nama Belum Masuk DPT? Tenang, Ini Kata Ketua KPU

TPS Nomor 54 di Tambun Selatan saat momen Pemilu Legislatif 2014 Kabupaten Bekasi.

TPS Nomor 54 di Tambun Selatan saat momen Pemilu Legislatif 2014 Kabupaten Bekasi.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Bekasi dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat.

Berdasarkan pleno terbuka rekapitulasi DPT, KPU Kota Bekasi menetapkan sebanyak 1.434.351 pemilih. Jumlah tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 713.687 orang dan pemilih perempuan sebanyak 720.664 orang.

Jumlah DPT ini meningkat sebanyak 51.333 orang dibandingkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni sebanyak 1.383.018 pemilih‎.

Meski demikian, KPU Kota Bekasi masih membuka peluang bagi masyarakat yang belum masuk dalam DPT untuk dapat menyalurkan hak politiknya pada 27 Juni 2018 mendatang.

“DPT bukan tahap terakhir, masyarakat masih bisa menyalurkan hak politiknya dengan syarat mempunyai e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, Jumat (20/4/2018).

Menurut Ucu, hal itu sudah tertuang dalam surat yang dilayangkan olek KPU RI di setiap daerah kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2018.

“Mereka masuknya nanti dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTTb). KPU RI mengatur jika siapapun masyarakat yang mempunyai identitas dapat memilih, tapi bisa disampiakan kepada petugas KPPS sebelum hari H,” jelas Ucu.

Begitupun sebaliknya, lanjut Ucu, jika ada masyarakat yang sudah masuk dala DPT namun tidak menyalurkan hak politiknya atau golongan putih (golput) bukan tanggung jawab KPU.

“Yang belum mempunyai e-KTP bisa rekam untuk menyalurkan hak politiknya, yang sudah masuk DPT tetapi tidak memilih itu hak mereka, bukan tanggung jawab kami,” tuturnya. 

Ucu menegaskan, pada hari H pemungutan suara atau 27 Juni 2018, Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Bekasi dimana jumlahnya mencapai 3030, akan ada nama-nama warga yang masuk DPT.

“Nanti nama-nama warga yang mempunyai hak pilih akan kami pajang di seluruh TPS, kami print dan kami pajang. Upaya ini sekaligus untuk meminimalisir pemilih ganda,” tandasnya.
(kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …