Warga Gandasari Kembali Serbu PT Excel Metal Industry

Warga dan ormas memadati pintu utama PT Excel Metal industry, Cikarang Barat, Kamis (19/4/2018). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Warga dan ormas memadati pintu utama PT Excel Metal industry, Cikarang Barat, Kamis (19/4/2018). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

WARGA Desa Gandasari, Cikarang Barat, bersama sejumlah ormas kembali berdemonstrasi di PT Excel Metal Industri di Jalan Arteri Tol Cibitung, Kamis (19/4/2018).

Puluhan pendemo memadati lokasi mulai pukul 10.00 WIB dan diterima pihak perusahaan. Hingga pukul 11.00 lewat belum ada kejelasan.

Sebelumnya: Demo Pertama Warga ke PT Excel Metal Industry

Hal itu membuat demonstrasi mulai memanas. Orator meminta massa maju ke pintu utama PT Excel Metal Industry. Sejumlah pendemo berteriak karena tak sabar menunggu hasil mediasi.

“Woy, cepet woy!” kata seorang pendemo sambil menggebrak pagar perusahaan.

“Ayo maju, jangan takut. Ini tanah kita, mereka hanya menumpang di sini,” kata orator lewat pengeras suara.

Terlihat di lokasi, meriam air, mobil pengurai massa (raisa) dan barakuda bersiaga di dalam perusahaan.

Sampai berita ini diturunkan, mediasi masih berjalan dan massa di luar sudah mulai emosi.

Sebelumnya, warga mendemo perusahaan itu karena sejumlah alasan. Yunus, warga setempat, menjelaskan, masyarakat Gandasari merasakan imbas langsung dari polusi dan kebisingan yang ditimbulkan perusahaan.

“Perusahaan tidak kooperatif terhadap lingkungan. Kita sebelumnya sudah ada proses surat-menyurat dengan perusahaan, tetapi setahun tidak ada respons,” jelasnya .

“PT Excel tidak ada IPAL (instalasi pengolahan air limbah). Air minum (air tanah) kita bisa tercemar. Gimana anak-cucu kita nanti,” sambungnya.

Selain itu, soal rekrutmen, Yunus menyebut hanya ada segelintir masyarakat Gandasari yang bekerja di PT Excel Metal Industry.

“Banyak masyarakat Gandasari masih menganggur,” jelasnya.

Warga mengaku ingin menjalin komunikasi dengan perusahaan itu, termasuk agar bermitra dengan pengusaha setempat.

Selain itu warga juga menginginkan agar perusahaan koperatif dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, karena berdomisili di Gandasari. (dam/gob)

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …