Penurunan Tarif Transportasi Ganjil Genap Hanya Berlaku pada Masa Uji Coba?

Situasi halte Transjabodetabek, Selasa (26/4/2016). (Foto: Yakub/GoBekasi)

Situasi halte Transjabodetabek, Selasa (26/4/2016). (Foto: Yakub/GoBekasi)

BADAN Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Kementerian Perhubungan, telah mengatur ganjil genap di ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Ganjil genap berlaku di Gerbang Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat pada awal April setelah masa uji coba sejak 12 Maret 2018, lalu.

BPTJ juga telah memperiapkan transportasi massal kepada warga yang hendak menuju DKI Jakarta pukul 06.00-09.00 WIB.

Tarif yang semula di tekan sebesar Rp20 ribu di turunkan menjadi Rp10 ribu per orang. Upaya itu dilakukan agar masyarakat beralih ke transportasi massal.

Transportasi massal yang mengangkut warga Bekasi terdiri dari Trans Jabodebatek dan Trans Jakarta RoyalTrans.

Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono menyebut penurunan tarif untuk bus premium TransJakarta RoyalTrans dari Rp20 ribu menjadi Rp10 ribu hanya berlaku sementara yakni selama masa uji coba.

“Kami dapat info itu harga uji coba,” kata Budi, Rabu (18/4/2018).

Namun, Budi mengaku tak mengetahui secara pasti batas waktu penururan tarif tersebut akan berlaku. Pasalnya, hal itu merupakan kewenangan dari BPTJ.

“Ada SK (surat keputusan) nya bisa tanya BPTJ, kami sebagai operator Trans Jakarta yang terlibat dalam layanan ini ya kita support,” tuturnya.

Budi pun membenarkan jika penurunan tarif tersebut memang bertujuan untuk memancing masyarakat agar semakin tertarik menggunakan fasilitas bus yang telah disediakan.

“Menjadi suatu daya tarik dan berharap setelah mereka coba jadi mereka tahu layanan ini serius ya,” tuturnya

Penurunan tarif tersebut diakui ada dampaknya pada peningkatan jumlah penumpang. Kendati demikian, Budi menyebut kenaikan jumlah penumpang tersebut tidak hanya dikarekanan faktor penurunan tarif semata.

“Atau karena sosialisasi lebih baik, jadi satu kan, tapi tarif pasti ada pengaruh kalah sosialisasi lebih baik juga,” ujar Budi.

Bus Royaltrans yang melalui Tol Bekasi Barat memiliki dua titik keberangkatan, yakni Summarecon Mall Bekasi dan Mega City Bekasi.
Bus ini melakukan perjalanan dengan tujuan ke Plaza Senayan, Kuningan, Podomoro City, dan Blok M.

Waktu keberangkatan bus pertama pukul 05.20 WIB dan bus terakhir pukul 09.10 WIB.

Sedangkan bus Royaltrans dari Bekasi Barat menuju Thamrin City memiliki dua titik keberangkatan, yakni Taman Galaxi dan Mega City Bekasi.

Bus pertama berangkat pukul 05.10 WIB, dan bus terakhir pukul 05.50 WIB.

Sementara bus Royaltrans yang melalui Tol Bekasi Timur memulai keberangkatan di Bekasi Trade Centre (BTC) dan LRT City (Grand Dhika) dengan tujuan Grand Paragon GM, Tebet, Mall Sunter, dan Kalideres.

Bus pertama berangkat pukul 05.30 WIB, sedangkan bus terakhir pukul 09.00 WIB.

Adapun bus Royaltrans via Tol Bekasi Timur yang menuju Thamrin berangkat pukul 05.30 WIB. Para penumpang dapat menunggu bus ini di BTC atau di LRT City sebagai titik awal keberangkatan. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …