Perawatan APK Jadi Tanggung Jawab Paslon, KPU Kota Bekasi Ajak Jaga Sama-sama

Ilustrasi penertiban APK. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Ilustrasi penertiban APK. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarheni menyampaikan bahwa satu di antara metode kampanye yang digunakan pada Pilkada Kota Bekasi ialah pemasangan alat peraga kampanye (APK).

“Tetapi aturan alat peraga kampanye ini agak berbeda dengan Pemilihan Walikota dan Wakul Walikota lima tahun lalu,” katanya, Selasa (10/4/2018).

Berdasarkan aturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 Pasal 30 Ayat 4 menyatakan perawatan, pemeliharaan, dan penurunan APK yang telah diserahkan kepada pasangan calon.

“Kemudian menjadi tanggung jawab pasangan calon. Jadi berkaitan dengan perawatan yang sudah kita pasang dan serahkan menjadi tanggung jawab pasangan calon,” jelasnya.

Jika ada APK yang hilang dan lain-lain, pasangan calon harus mengganti sendiri. Namun, penggantian APK itu juga harus sepengetahuan KPU.

“Jadi kami berharap APK yang sudah terpasang kita rawat sama-sama. KPU tetap jika ada yang rusak untuk menginstruksikan kepada kawan tingkat PPS untuk memperbaiki,” tambahnya.

Ia meminta jika ada tim kampanye pasangan calon melihat lebih dahulu ada APK yang lepas, roboh, dan sedikit rusak agar langsung memperbaiki.

“Jangan sedikit-sedikit lapor ke kita agar memperbaiki. Kalau ada pengrusakan baru dilaporkan, karena perusakan APK itu termasuk pidana pemilu,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …