Pj Wali Kota Bekasi Serahkan LKPD

Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah menyerahkan LKPD kepada perwakilan BPK Jabar. Foto: Istimewa/Gobekasi

Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah menyerahkan LKPD kepada perwakilan BPK Jabar. Foto: Istimewa/Gobekasi

PENJABAT Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat, di Bandung, Kamis (29/3/2018).

Penyerahan LKPD 2017 dihadiri seluruh pejabat kota dan kabupaten di Jawa Barat  bertempat di gedung BPK.

Auditor Jabar, Akhmad Syifa mengatakan dengan diserahkan LKPD maka berlaku sudah pemeriksaan yang akan dilakukan BPK sesuai undang-undang yang berlaku dengan berprinsip kepada asersi management.

“Prinsip kami dalam pemeriksaan tidak melihat sesuatu dari cover, tetapi penyajian laporan harus patut dengan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Pemeriksaan LKPD, lanjut Akhmad, berlangsung selama dua bulan kedepan. Karena itu, kerjasama dan komunikasi yang baik sangat diperlukan.

“Sebab, BPK tidak mengetahui secara spesifik dan diperlukan kerjasama dari para penanggung jawab atau kepala OPD,” ujar dia.

Menurutnya, mekanisme komunikasi dalam pemeriksaan adalah sah dan itu telah dibicarai dengan seluruh pihak terkait di masing-masing daerah Jawa Barat.

“Karena kami dalam mengaudit tidak tahu dan diperlukan komunikasi dengan perwakilan pemerintah daerah,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, opini pengauditan adalah kesimpulan akhir dan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan berarti tanpa kesalahan.

“Ada kesalahan tetapi kami masih mentolelirnya,” ujar Akhmad.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Iwa Karniwa mengungkapkan dalam penyusunan laporan masih banyak kekurangan sumber daya yang ahli dibidangnya.

“Kami berharap dalam proses pengauditan nanti mengedepankan proses pembinaan dan kami berharap agar setiap jajaran Pemprov Jabar proaktif dalam menyikapinya,” tandasnya. (adv/hms)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …