Sanksi Tilang Batal Dilakukan di Tol Japek

Ganjil-genap Tol Jakarta Cikampek, Senin (12/3/2018). (Foto: Ist)

Ganjil-genap Tol Jakarta Cikampek, Senin (12/3/2018). (Foto: Ist)

PENERAPAN sistem tilang terhadap pengendara mobil yang memaksa masuk tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur dan bekasi Barat, batal ditilang pagi tadi.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Cabang Jakarta-Cikampek Kompol Deni Setiawan mengatakan, penerapan tilang batal dilakukan setelah pihaknya bersama Kementerian Perhubungan dan PT Jasa Marga Tbk menggelar rapat koordinasi.

Dalam rapat itu, diputuskan masa sosialisasi tiga kebijakan Menteri Perhubungan diperpanjang karena masih adanya pelanggar yang berusaha masuk ke dalam ruas tol.

“Pengendara yang pelat kendaraannya tidak sesuai jadwal saat ini masih kami minta putar balik di depan gerbang tol,” kata Deni, Selasa (27/3/2018).

Deni mengatakan, setiap akhir pekan seluruh instansi yang terlibat selalu mengevaluasi kebijakan ini.

Sebagai upaya terkahir, jika pengendara memaksa masuk padahal tak sesuai aturan, maka bakal ditindak.

Sejauh ini kepolisian masih melakukan cara preventif dengan mengimbau pengendara memutar arah.

“Diputarkan balikan dulu arah kendarannya, diharapkan pengguna jalan sadar, sehingga bila tidak sesuai jadwalnya otomatis pengendara tidak berusaha masuk,” ujarnya.

Kementerian Perhubunan mengeluarkan tiga paket kebijakan di ruas tol Japek melalui Permenhub Nomor 99 tahun 2018 dan Permenhub Nomor 18 tahun 2018.

Ketiga paket kebijakan ini adalah aturan ganjil-genap pelat kendaraan bagi golongan I di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta.

Pembuatan jalur khusus angkutan bus di bahu jalan tol, dan pembatasan jam operasional kendaraan barang (dua arah) pada golongan III, IV dan V.

Ketiga paket kebijakan ini berlaku mulai 12 Maret 2018 setiap hari kerja, Senin-Jumat dari pukul 06.00-09.00 WIB. Sementara akhir pekan dan libur nasional ditiadakan. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …