Pemkot Bekasi Evaluasi Transjabodetabek

(Ilustrasi) Transjabodetabek koridor Terminal Bekasi, Senin (25/4/2016). (Foto: Ika Defiana/GoBekasi)

(Ilustrasi) Transjabodetabek koridor Terminal Bekasi, Senin (25/4/2016). (Foto: Ika Defiana/GoBekasi)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi akan mengevaluasi uji coba Bus Tranjabodetabek yang melayani rute Bekasi-Hotel Indonesia (HI) yang berlangsung sejak 27 Juli hingga 9 Agustus. Evaluasi tersebut akan dilakukan antara Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ).

Kepala Dishub Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, selama uji coba berlangsung, ada beberapa catatan yang menjadi bahan evaluasi. Di antaranya adalah keberadaan loket tiket, rute, dan jalur High Ocupancy Vehicle (HOV lane).

“Pada dasarnya keberadaan Bus Transjabodetabek sangat membantu, tetapi kami juga perlu mengevaluasi dengan adanya uji coba yang sudah berlangsung,” ujar Yayan kepada Radar Bekasi (Grup gobekasi.co.id), Rabu (8/8/2017) kemarin.

Yayan menegaskan pada prinsipnya Bus Transjabodetabek memiliki fungsi besar mengangkut penumpang banyak dalam tempo cepat. Hanya saja, keberadaan Bus Transjabodetabek masih minim sosialisasi sehingga masyarakat kurang tahu. Menurutnya, hal tersebut tak lepas dari terlalu cepatnya pelaksanaan uji coba yang telah dilakukan.

“Sosialsiasi memang masih kurang, karena terlalu cepat antara perencanaan dengan pelaksanaan uji coba,” kata dia.

Tentang Transjabodetakbek di GoBekasi, klik aja 

Selain itu, kekurangan pada saat pelaksanaan uji coba adalah belum berfungsinya HOV lane yang seharusnya bebas hambatan. Sebab, saat ini masih melalui lajur umum sehingga berjalan dengan kendaraan lainnya.

Dia mengatakan, dari catatan tersebut akan menjadi evaluasi yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi pertimbangan untuk melanjutkan Bus Transjabodetabek. Yayan mengakui Pemkot merasa diuntungkan dengan adanya Bus Transjabodetabek.

Yayan menilai uji coba tersebut belum sempurna, namun telah membawa manfaat bagi masyarakat Kota Bekasi. “Tidak menutup kemungkinan nanti akan ditambah titiknya,” paparnya

Adapaun Bus Transjabodetabek yang melalui rute Bekasi-Bundaran HI berjumlah 12 armada. Bus Transjabodetabek ketika beroperasi dikawal voorijder.

Rute perjalanan sendiri dimulai dari Summarecon Bekasi, lalu memasuki Tol Bekasi Barat, kemudian keluar melalui Tol Semanggi lewat Jalan Sudirman yang selanjutnya berakhir di Bundaran HI, begitu juga sebaliknya. Sementara, untuk tarif sendiri dipatok senilai Rp5 ribu.

(yay/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …