Kemenhub Tetapkan Tarif Taksi Online, Segini Besarannya…

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

Operator taksi online kini tidak dapat menerapkan harga sembarangan setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan ketentuan tarif batas atas dan batas bawah, Sabtu (1/7/2017).

Sejatinya, aturan ini sendiri sudah mulai berlaku sejak tanggal 1 April 2017 lalu.

Namun pemerintah melalui Kemenhub masih memberikan dispensasi bagi operator taksi online, dalam melakukan transisi penyesuaian tarif baru selama tiga bulan sejak dikeluarkannya aturan tersebut.

Dengan demikian terhitung tanggal 1 Juli 2017, aturan tersebut harus dilaksanakan.

Dalam hal ini, pemberlakuan tarif dibagi menjadi dua wilayah yaitu Wilayah I untuk Sumatera, Jawa dan Bali kemudian Wilayah II untuk Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

“Wilayah I itu kisaran tarif bawah Rp3500. Tarif atas Rp6000. Wilayah II, Papua, Sulawesi, Kalimantan, tarif bawah Rp3700 tarif atas Rp6500,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, di Monas.

Menurut Pudji, tarif atas dan bawah ini merupakan usulan dari daerah kepada pemerintah pusat. Sebelum diterapkan, pihaknya telah melakukan evaluasi.

“Usulan tarif dari daerah, masing kepala daerah dan gubernur mengusulkan kepada pemerintah pusat dan sudah kami evaluasi,” tutur Pudji.

Ketentuan ini harus dilaksanakan, Kata Pudji. Sebab jika operator melanggar ketentuan, maka akan dikenakan sanksi mulai dari teguran hingga pencabutan izin operasional.

Regulasi ini dirilis sebagai revisi Peraturan PM Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Ada 11 poin revisi yang ditujukan kepada payung hukum transportasi berbasis aplikasi itu antara lain soal jenis angkutan, mesin kendaraan, batas tarif angkutan sewa khusus, kuota jumlah angkutan sewa khusus, KIR, STNK, pool, bengkel, pajak, akses dashboard dan sanksi.

(dri/pojoksatu/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …