23 PAC PDIP Kabupaten Bekasi ke Pusat

PAC PDIP Kabupaten Bekasi berfoto bersama saat mendatangi kantor DPP PDIP. (Foto: Ist)

PAC PDIP Kabupaten Bekasi berfoto bersama saat mendatangi kantor DPP PDIP. (Foto: Ist)

PERWAKILAN PAC PDIP Kabupaten Bekasi dikabarkan mendatangi DPP PDIP, beberapa waktu lalu. Belum diketahui pasti tujuan dari kedatangan PAC itu. Namun beredar kabar kalau tujuan dari pimpinan partai di tingkat kecamatan itu untuk meminta pergantian ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi.

“Betul, kemarin 23 PAC ke DPP,” kata Ketua PAC Kecamatan Tarumajaya, Herman, saat ditanya soal kedatanagan 23 PAC ke DPP, beberapa waktu lalu.

Herman belum mau mengatakan alasan dari keinginan 23 PAC untuk mengganti ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi.

Terpisah, akademisi Unisma Bekasi, Harun Alrasyid, mengatakan di Indonesia hampir setiap partai politik terdiri dari beberapa faksi. Faksi itu muncul karena sejumlah faktor seperti kedaerahan, agama atau faktor lainnya. Di antara faksi tersebut, ada salah satu faksi yang mendominasi.

Momentum seperti pilkada, pilpres, pileg, dan musda bisa memunculkan faksi baru atau faksi lama yang kemudian muncul kembali.

“Jadi, partai politik di Indonesia secara umum terdiri dari banyak faksi, sangat wajar kalau kemudian biasanya momentum pilkada kalau kalah itu maka wajar muncul suatu faksi tertentu yang mendorong terjadinya perubahan,” terangnya.

Faktor lain yang membuat adanya faksi ialah tidak kuat secara manajerial kepemimpinan di internal partai.

“Sehingga menimbulkan konflik-konflik internal di dalamnya. Dan hampir sebagian besar partai kan seperti itu, jadi untuk konteks Indonesia untuk organisasi kepartaian itu internal masih belum kuat sehingga mudah kemudian karena kondisi tertentu,” sambungnya.

Menurut Harun, keberadaan faksi di internal bukan suatu proses yang wajar dalam organisasi. Tapi, dalam praktiknya hal ini memang terjadi di sejumlah partai.

“Faksi-faksi ini bisa juga muncul dari kepengurusasn internal sendiri atau kombinasi dari kepentingan luar, jadi kepentingannya banyak bukan kepentingan partai bisa jadi kepentingan bisnis, di luar itu hanya faktor pendorong saja,” katanya. (neo/rbs/gob)

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …