Tentara Cikarang dan Sukatani Silaturahim dengan Para Veteran

Veteran perang, Gaplek (90) saat dikunjungi Sersan Dua Rosyid, Sabtu (4/9/2016). (Foto: Agus)

Veteran perang, Gaplek (90) saat dikunjungi Sersan Dua Rosyid, Sabtu (4/9/2016). (Foto: Agus)

JASA para veteran perang tidak bisa serta merta dilupakan dalam sejarah Indonesia. Tak ditampik, banyak veteran hidup dalam keadaan memprihatinkan pada masa tuanya, baik dalam kondisi ekonomi maupun kesehatan.

Hal itu sedikit-banyak yang menggerakkan tentara desa dari Koramil 10 Sukatani untuk memberi sedikit bantuan kepada Gaplek bin Sain, veteran yang berusia 90 tahun.

Gaplek tinggal di sebidang tanah di Kampung Bluwo Cemara RT 002 RW 03, Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukakarya. Untuk menopang kebutuhan sehari-hari, ia bergantung dengan tunjangan veteran.

Sersan Dua M Rosyid, tentara desa Koramil 10, terketuk hatinya kala mendata para Veteran di wilayah Sukatani dan Sukakarya. Ia lantas mengajukan agar rumah Gaplek mendapatkan bantuan Operasi Bedah Rumah Veteran RI.

“Alhamdulillah, sudah dibuat surat permohonan oleh Komandan Danramil,” singkatnya, Sabtu (4/9/2016).

Veteran perang Nimat (93) saat menceritakan perjuangan zaman penjajahan kepada Danramil Cikarang Kapten Inf. Suranto dan babinsa, Sabtu (4/9/2016). (Foto: Agus)

Veteran perang Nimat (93) saat menceritakan perjuangan zaman penjajahan kepada Danramil Cikarang Kapten Inf. Suranto dan babinsa, Sabtu (4/9/2016). (Foto: Agus)

Lain halnya dengan Koramil 07 Cikarang. Para prajurit bersilaturahmi ke 2 orang veteran, Kimin (85) seorang veteran pejuang Kemerdekaan RI di RT 004 RW 01, Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia  dan Nimat (98) di Kampung Pilar, RT 005 RW 03, Desa Karangasih, Cikarang Utara.

“Kami datang beliau (Nimat) langsung keluar rumah tertatih-tatih. Mempersilakan duduk dan langsung menceritakan zaman perjuangan. Kita makan seadanya menggunakan batok kelapa,” cerita Komandan Koramil 07 Kapten Inf. Suranto.

Sedangkan saat menyambangi kediaman Kimin, veteran tersebut tampak senang. Ia pun menceritakan perjuangan masa penjajahan dengan niat hanya ingin bebas dari penjajahan dan tanpa ada pamrih.

“Beliau berdua senang dengan silaturahmi ini. Pak Kimin agak kurang sehat dan ingin segera sembuh dari sakitnya. Semoga anggota TNI lain juga tidak lupa menyambung silaturahmi dengan para veteran,” demikian Suranto. [dam/gob]



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …