Gabus Pucung Masuk Mall

RAMAI: Kuliner Gabus Pucung yang berada di Food City Summarecon Mall Bekasi selalu ramai dikunjungi warga. Makanan yang satu ini menjadi ciri khas kuliner Bekasi. IRWAN/RADAR BEKASI

RAMAI: Kuliner Gabus Pucung yang berada di Food City Summarecon Mall Bekasi selalu ramai dikunjungi warga. Makanan yang satu ini menjadi ciri khas kuliner Bekasi. IRWAN/RADAR BEKASI

SAYUR gabus pucung, bagi masyarakat Bekasi tentunya tidak aneh dengan kuliner yang satu ini. Makanan yang diolah dari bahan baku ikan gabus dengan kuah warna hitam ini, semakin banyak penikmatnya.

Jika sebelumnya, kita hanya bisa menjumpai masakan yang satu ini hanya di pinggir jalan. Namun, saat ini masyarakat Bekasi bisa menjumpai di Bekasi Food City, pusat perbelanjaan Summarecon Bekasi.

Berada di stand food ‘Gabus Bang Jali’,  para pecinta kuliner tidak hanya menjumpai sayur gabus pucung, namun beragam makanan khas bekasi lainnya. Untuk masuk ke mall bukan perkara mudah, pasalnya beragam kuliner yang disajikan harus melewati  proses tes food. Gabus Bang Jali ini sudah buka sejak 2 Oktober lalu.

Dari segi rasa, makanan yang tergolong langka ini memang memiliki cita rasa khas. Buah pucung atau kluwek dan rempah-rempah bumbu khas sangat terasa. Kuah kental, gurih dan empuknya daging ikan gabus menjadi citarasa tersendiri.

Bahan baku ikan kaya akan asupan gizi ini memang mulai sulit didapat, sehingga makanan ini tergolong langka. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kadang sang pemilik rumah makan berburu keberbagai tempat untuk mendapatkan bahan baku.

“Gabus pucung ini menjadi bagian makanan khas bekasi, selain bisnis kita coba lestarikan budaya Bekasi, sehingga bisa tetap ada dan bisa dirasakan masyarakat luas,” terang Ahmad Fuadillah, pemilik kuliner Gabus Bekasi Bang Jali.

Tak hanya sayur ikan gabus, di sana juga terdapat beberapa makanan khas betawi seperti, pecak ikan bandeng, pecak lele, pecak nila, ikan mujaer, sayur asem, semur jengkol, dan beberapa menu khas lainnya.

“Kita tahu kandungan gizi dan manfaatnya sangat banyak, makanya makanan ini juga banyak dicari,” tambah putra kedua mantan pejabat Pemkot Bekasi, H. Asmari.

Pria yang akrab disapa Lala ini mengaku, momen masuknya Gabus Bekasi di Mall Besar menjadi pintu untuk melestarikan dan memperkenalkan makanan Bekasi ke Masyarakat luas. Terlebih khasiat Ikan gabus juga sudah banyak diketahui masyarakat sehingga banyak dicari.

“Setiap orang mampir ke daerah-daerah pasti yang dicari makanan khasnya, apalagi ikan gabus ini kaya akan manfaatnya. Kita sebagai orang Bekasi bangga ini makanan kita, ciri khas bekasi dan ini brandednya Bekasi kenapa tidak kita munculkan,” tandasnya. (one/pms)



Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …