Polda Metro Jaya Sambut Baik Lomba Zero Criminal

Foto bersama tim penilaian Zero Criminal di Kota Bekasi.

Foto bersama tim penilaian Zero Criminal di Kota Bekasi.

POLDA Metro Jaya menyambut baik adanya Lomba Zero Criminal di tingkat kecamatan yang dinisiasi Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto, mengatakan jika perlombaan ini guna menstimulan masyarakat agar lebih waspada di lingkungan.

Perlombaan Zero Criminal yang sudah berlangsung selama dua hari juga diharapkan menjadi gerakan masyarakat untuk membantu kepolisian mengentaskan kejahatan.

“Ini merupakan gerakan untuk memberantas kejahatan yang ada di lingkungan,” kata Indarto, Rabu (9/5/2018).

Penilaian Zero Criminal telah terselenggara pada, Selasa (8/5/2018) malam, di RW 11 Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur dan RW 07 Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu.

Penilaian dilakukan langsung oleh Penjabat Wali Kota Bekasi R.Ruddy Gandakusumah, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0507 Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan dan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto.

Dandim 0507 Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan mengungkapkan bahwa kejahatan dapat berkurang apabila ada peran serta masyarakat yang signifikan dan komitmen kuat yang berlandaskan norma agama untuk mengurangi hal tersebut.

Ia juga menceritakan pengalaman disaat ia bertugas di Nepal bahwa dengan kondisi ekonomi yang serba kurang, tetapi masyarakat tidak ada yang melakukan kejahatan.

“Hal ini dikarenakan nilai-nilai agama yang dipegang teguh oleh masyarakat dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Abdi juga menyampaikan program kursus bahasa inggris gratis yang dilaksanakan di semua koramil di Kota Bekasi untuk semua golongan usia.

“Bahasa inggris adalah bahasa yang dipakai diseluruh dunia dan masyarakat tinggal datang ke koramil terdekat gurunya akan kita datangkan,” terangnya.

Pj Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusuma menyatakan agar para pemangku wilayah terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memastikan bahwa wilayah nya aman dari kejahatan.

Ia juga sangat bangga perlombaan zero criminal yang pertama di Indonesia sehingga mendapatkan apresiasi khusus dari Polda Metro Jaya.

“Perlombaan ini menjadi contoh bagi kepolisian yang agar dapat mencontoh perlombaan ini dan akan diperlombakan ditingkat nasional, ucapnya.

Ruddy mengungkapkan tingkat kejahatan akan meningkat apabila kesadaran akan keamanan, kebersihan dan ketertiban di lingkungan tidak terjaga.

“Pada dasarnya masyarakat kita adalah masyarakat yang suka bergotong royong, sehingga semua permaslahan akan dapat diselesaikan jika kita saling bahu membahu,” kata dia.

Ruddy berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan saat perlombaan saja, tetapi menjadi kebiasaan dalam bermasyarakat sehingga zero kriminal meliputi semua zero tindakan negatif. (adv/hms)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …