Pemkot Subsidi Rp6,8 Miliar untuk Pengoperasian Trans Patriot

Bus Trans Patriot. (Foto: Raiza/GoBekasi)

Bus Trans Patriot. (Foto: Raiza/GoBekasi)

PEMERINTAH Kota Bekasi menyiapkan dana subsidi sebesar Rp6,8 miliar untuk mengoperasikan armada Trans Patriot.

Nantinya, tarif yang dibebankan penumpang hanya 50 persen, sedangkan sisanya ditanggung pemerintah.

“Tarif penumpang harusnya Rp 7.000 per orang, karena disubsidi menjadi Rp 3.500,” kata Kepala Bidang Pengembangan pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi M Solikhin, Rabu (9/5/2018).

Solikhin mengatakan, tahun depan alokasi dana subsidi akan ditambah menjadi Rp7,4 miliar.

Penambahan dana dilakukan berdasarkan kajian dari Dishub bahwa jumlah penumpang Trans Patriot akan mengalami peningkatan.

“Kajian awal kami ada sekitar 15-16 penumpang di setiap satu armada dengan kapasitas 41 orang. Untuk penyandang disabilitas kita sediakan kursi khusus untuk dua orang per armada,” jelasnya.

Menurutnya, tahap pertama bus akan dioperasikan untuk trayek Terminal Bekasi, Kecamatan Bekasi Timur sampai Harapan Indah, dan Kecamatan Medan Satria.

Pihaknya sengaja menyasar kedua tempat itu dengan pertimbangan tingginya aksesabilitas masyarakat di sana.

“Di sana juga ada tiga stasiun yang dilintasi, yakni Stasiun Bekasi dan Stasiun Bekasi Timur di Jalan Ir H Djuanda, serta Stasiun Kranji di Jalan Jenderal Sudirman,” ujar Solikhin.

Solikhin mengatakan, transportasi ini difokuskan menjadi angkutan pengumpan atau penghubung dengan angkutan umum yang lain.

Dia mencontohkan, angkutan ini akan terintegrasi dengan Kereta Rel Listrik (KRL) dan kereta api ringan (light rail transit/LRT).

“Sistem seperti ini yang bakal memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan transportasi,” tandasnya. (adv/hms/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …