Ketua Bawaslu Jabar Imbau Cakada Tak Gegabah Saat Kampanye Bulan Ramadhan

Ilustrasi Pilkada

Ilustrasi Pilkada

KETUA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Harminus Koto, mengimbau Calon Kepala Daerah (Cakada) untuk tidak gegabah saat  kampanye di bulan suci Ramadhan.

Pelaksanaan kampanye harus dilaporkan kepada penyelenggaran pemilu, berikut memenuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Di pelaksanaan bulan Ramadan ini kami sudah ingatkan bahwa kampanye mulai jam 06.00 WIB sampai jam 18.00 WIB dan di malam hari tidak ada aktivitas kampanye, semua daerah Jabar, tidak saja Kota Bekasi,” tegasnya, Rabu (9/5/2018).

Harminus mengatakan, bila melihat pengalaman pelaksanaan Pilkada saat momentum bulan Ramadan sebelumnya, terkadang terdapat oknum yang memanfaatkannya sebagai modus meraup pemilih dengan memberi sembako atau cara-cara lainnya.

“Biasanya ibu-ibu yang dikasih sembako, itu harus ditolak. Di Kuningan juga yang money politic ketahuan dan kami sudah sampaikan sanksinya minimal 36 bulan penjara dan Rp200 juta,” kata Harminus.

Ia mengimbau, masyarakat harus cerdas memilah mana yang baik, ataupun malah merugikan diri. Menurutnya, paslon pun tetap diperbolehkan berkampanye, asalkan sesuai aturan pemilu.

“Sekarang mau yang memberi atau penerima sanksinya sama-sama diberikan. Semoga kita bisa mencegah masyarakat kita untuk tidak menerima politik uang,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …