Siloam Hospitals Kenalakan Operasi dengan Bahan Logam dan Plastik

Para dokter yang ada di Rs Siloam Hospitals Lippo Cikarang yang  perkenalkan Total Knee Replacement (TKR) yaitu Operasi Penggantian Sendi lutut. Foto: Yurizkha Aditya/Gobekasi

Para dokter yang ada di Rs Siloam Hospitals Lippo Cikarang yang  perkenalkan Total Knee Replacement (TKR) yaitu Operasi Penggantian Sendi lutut. Foto: Yurizkha Aditya/Gobekasi

SILOAM Hospitals Lippo Cikarang perkenalkan Total Knee Replacement (TKR) yaitu Operasi Penggantian sendi lutut (Arthroplasty) dengan bahan logam dan plastik (Polyethylene).

Dr Hendra Andry Wujaya, SpOT memaparkan, Total Knee Replacement diberikan untuk kondisi osteoarthritis stadium lanjut atau grade IV, yang mana biasanya dosertai dengan petubahan bentuk fisik dari kaki menyerupai huruf O atau X.

Nantinya Permukaan tulang bawah diganti dengan logam yang datar dan dialasi pula dengan plastik yang berperan sebagai tulang rawan bagian bawah tempurung lutut juga bisa diganti dengan plastic.

“Jadi meski lutut aritifisial tidak sempurna seperti sebelumnya, tapi operasi ini akan memperbaiki kualitas hidup penderita dengan hilangnya rasa nyeri, kekakuan sendi, dan bentuk sendi lutut yang bengkok,” ucapnya Selasa (7/5/2018).

Sementara itu, dr Poetranto Hari, SpOT menambahkan, teknik prosedur tindakan pergantian tulang lutut, nantinya TKR dilakukan apabila secara medis tidak dapat lagi mengurangi nyeri atau kecacatan yang terjadi karena suatu kerusakan.

“Hal ini biasanya disebabkan radang sendi baik dikarenakan proses penuaan ataupun cedera yang pernah didapat sebelumnya, seperti rematik atau pasien mengkonsumsi obat-obatan steroid dalam jangka panjang,” ucapnya.

Nantinya, Kata dia setelah dilakukan prosedur Total Knee Replacement, Pasien dianjurkan untuk menghindari kegiatan lari, latihan yang terlalu padat, olahraga dengan perputaran, seperti tennis, bola basket dan sepak bola.

“Nantinya bagi pasien yang sudah melakukan tindakan operasi pergantuan tulang lutut total, pasien pertama dan kedua biasanya diberikan terapi pada paralel bars kemudian berlanjut ke tongkat selama 6 minggu pertama, tapi kebanyakan dalam waktu 3 bulan pasien 70 persen dapat berjalan tanpa alat bantu,” tuntasnya (dyt/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …