Obon Ungkap 3 Dampak TKA Ilegal

Vice President FSPMI Obon Tabroni. FOTO: Andi Saddam/GoBekasi

Vice President FSPMI Obon Tabroni. FOTO: Andi Saddam/GoBekasi

VICE President Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Obon Tabroni menjelaskan, ada 3 permasalahan apabila tenaga kerja asing (TKA) ilegal merebak.

“Dengan mereka masuk, banyak pengangguran, hak kerja mereka menghilang,” katanya saat dihubungi gobekasi beberapa waktu lalu.

Kemudian, potensi pajak $100 per tahun bisa tak didapatkan negara atau daerah yang ditempati TKA ilegal.

“Ketiga, potensi konflik tinggi. Dulu, sebelum masuk Indonesia, diajari dulu budaya. Misal pegang kepala di kita kan pantang banget, beda di Jepang, pegang kepala enggak apa-apa, tapi kalau pantat marah banget,” katanya.

Baca juga:
Obon Datang, TKA Cina Kabur
Disnaker: Tak Ada Laporan TKA Ilegal

“Itu potensi konflik. Kita bicara dampak. Kalau di dalem bocah berantem itu banyak. Cuman gak pernah keekspos,” sambungnya.

Menurutnya hal itu wajar, karena kecemburuan pasti muncul karena bekerja dengan tugas dan porsi yang sama namun dengan gaji yang jauh berbeda.

“Persoalan ini sudah mengkhawatirkan. Untungnya di Bekasi TKA ini masih di sektor pabrik, bukan di masyarakat. Kalau daerah lain kan ada yang di perkebunan,” tutup Obon. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …