Ratusan Tentara Bersihkan Sampah di Kali Cikarang

Kondisi karya bakti membersihkan Kali Cikarang, Jumat (4/5/2018). (Foto: Afri)

Kondisi karya bakti membersihkan Kali Cikarang, Jumat (4/5/2018). (Foto: Afri)

PRAJURIT TNI Kodim 0509 Kabupaten Bekasi bersama Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membersihkan Kali Cikarang di wilayah Sukatani, Jumat (4/5/2018).

Total ada 360 prajurit terlibat. Kasdim 0509 Mayor Arm Agus Tritunggal dalam menyampaikan, kegiatan Karbak yang kita laksanakan ini setidaknya ada 3 tujuan.

Pertama, pembersihan sampah yang menghambat aliran Kali Cikarang yang bisa berdampak dengan bencana banjir karena pendangkalan kali dan banyaknya sampah.

“Kali Cikarang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengairi sawah-sawah yang cukup banyak, sedangkan masyarakat disekitar bantaran kali banyak digunakan baik untuk mandi, cuci dan kakus sehingga berdampak pada timbulnya penyakit kulit dan kesehatan masyarakat akan terganggu.

Ketiga, sebagai imbauan bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke kali Cikarang dan budayakan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Kegunaan kali Cikarang ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar baik untuk mengairi sawah-sawah mereka, untuk MCK dan lainnya, sehingga perlu diimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah ke kali khususnya, ” ucap Agus di

Ia menambahkan, seain sasaran pembersihan sampah juga dilakukan kegiatan normalisasi kali Cikarang sepanjang 100 m dengan menggunakan ekskavator. Untuk lebih memaksimalkan hasil karbak agar semua wilayah bisa tercapai personel dibagi menjadi 5 titik atau sektor sehingga kesemuanya bisa tercakup.

Danramil 10 Sukatani Mayor Arm Apriansyah menyampaikan, kegiatan pembersihan Kali Cikarang memang rutin kita laksanakan bersama masyarakat, namun karena kurangnya kepedulian dari masyarakat terhadap kebersihan dengan terus membuang sampah sembarangan akhirnya terjadi penumpukan sampah dan terjadi pendangkalan kali.

“Bersama sinergitas 3 pilar kita terus lakukan imbauan ke masyarakat di setiap kesempatan untuk tetap menjaga keindahan serta kebersihan lingkngan dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya ke dalam kali yang dapat menimbulkan bencana banjir dan berdampak pada kesehatan masyarakat tentunya, ” pungkasnya. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …