Soal Sulit ‘HOTS’ Baru Tahap Pengenalan

Ilustrasi UNBK.

Ilustrasi UNBK.

PELAKSANAAN UNBK 2018 yang disisipi soal berkategori higher order thinking skills (HOTS) sempat mendapat sorotan banyak kalangan.

Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia memang memerlukan penguatan standar HOTS dalam pembelajaran.

Hal itu agar Indonesia bisa mengikuti perkembangan pendidikan dunia yang rata-rata memiliki standar HOTS.

Namun untuk merealisasikannya, Kemendikbud harus berkoordiansi dengan stakeholder terkait.

“Memang harus membutuhkan penguatan karena implementasi dari HOTS itu melibatkan banyak elemen,” ujarnya di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018).

Dia menuturkan, standar penguatan HOTS dalam pendidikan butuh banyak melibatkan elemen untuk membenahi konten, metodologi, pembelarajan, guru, kesiapan murid, hingga sarana dan prasarana.

Untuk itu, sebagai tahap awal Kemendikbud mulai mengenalkan soal berstandar HOTS dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

“Dari semua soal, dimasukan sekitar enam sampai delapan persen yang berstandar HOTS,” imbuh dia.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menambahkan, pada UNBK tahun depan “Tentu akan kami tingkatkan, seperti khususnya kemampuan guru akan kami dorong dengan pelatihan dan kurikulumnya, kontennya akan kami benahi,” ujar dia. (mg1/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …