Buruh Minta Tidak Jadi Nomor 3

Buruh Kota Bekasi membentangkan spanduk saat peringatan May Day, Selasa (1/5/2018). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Buruh Kota Bekasi membentangkan spanduk saat peringatan May Day, Selasa (1/5/2018). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

PANGLIMA Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI), Agus BS, menegaskan kepada pemerintah agar tidak menomortigakan buruh.

Hal ini Agus lontarkan pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang dipusatkan di lapangan Alun-Alun Kota Bekasi, Selasa (1/5/2018).

“Jangan nomor tigakan buruh, buruh itu berperan penting,” tegas Agus dalam orasinya dihadapan ratusan buruh Kota Bekasi.

Agus menilai, pemerintah saat ini menomortigakan buruh. Buktinya, UMK untuk kesejahteraan buruh belum dirasakan betul.

Kenaikan UMK yang senilai Rp3,9 juta per bulan belum sampai ke kantong kaum buruh. Angka itu masih tercatat di atas kertas pemerintah.

“Realitanya di lapangan perusahaan tidak memberikan upah Rp3,9 juta. Banyak perusahaan di Kota Bekasi tidak membayar UMK. UMK belum naik tapi tarif listrik dan sembako sudah naik,” tuturnya.

Terlabih saat ini, sambung Agus, UMSK di Kota Bekasi masih abu-abu. Pemerintah Kota Bekasi belum belum menetapkan besaran jumlah UMSK.

“Ini adalah tanggung jawab pemerintah, kemana pemerintah sampai belum mengumumkan besaran UMSK,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi, Kosim, menampik jika UMSK menjadi tanggung jawab pemerintah.

Kosim mengatakan, UMSK adalah kesepakatan antara pekerja dan perusahaan. Sementara pemerintah hanya fasilitator.

“UMSK tahun  2018 sudah kami serahkan ke Provinsi Jawa Barat, tinggal tunggu SK Gubernur. Sejak tahun 2017 UMSK bukan tanggung jawab kami, hanya UMK saja, sekarang sudah ada pengawas dari Jawa Barat,” jelas Kosim.

Hanya saja, Kosim tidak dapat menyebutkan jumlah UMSK yang diusulkan ke Pemprov Jawa Barat.

“Nanti saja tunggu SK Gubernur, saya tidak bisa komentar soal ini. Intinya hampir sama seperti di tahun 2017 mencapai 8 sampai 8,71 persen,” tandasnya. (kub/gob)

 



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …