PKL Depan Pasar Baru Bekasi Bakal Direlokasi

PKL Jalan M Yamin yang sempat memenuhi ruas jalan kembali ditertibkan Pemerintah Kota Bekasi, Kamis (19/5/2016). FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

PKL Jalan M Yamin yang sempat memenuhi ruas jalan kembali ditertibkan Pemerintah Kota Bekasi, Kamis (19/5/2016). FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

PEMERINTAH Kota Bekasi bakal merelokasi Pedagang Kali Lima (PKL) yang berjulan di badan jalan Ir.H Juanda pada pagi mendatang.

Upaya ini untuk meminimalisir kemacetan sekaligus memperindah tata kota serta memfungsingkan pedestrian yang pakai oleh PKL.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, bakal merelokasi mereka setelah tempat relokasi rampung di bangun.

“Kami akam relokasi, saat ini masih proses pembangunan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Makbullah, Senin (30/4/2018).

Ia meminta agar seluruh PKLPasar Baru tidak lagi berjualan di bahu jalan setelah tempat relokasi rampung dibangun.

“Kami meminta agar seluruh PKL untuk menempati lokasi relokasi jika nanti pembangunannya rampung, kalau mereka masih bandel ya itu tugasnya teman-teman Satpol PP untuk menertibkannya,” ujarnya.

Makbullah menjelaskan saat ini pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Baru tengah mempersiapkan lahan relokasi.

“Banyak PKL dipinggir jalan enggan memenuhi tempat yang disediakan karena fasilitas sarana dan prasarana dilokasi itu masih kumuh, jadi ini sedang dibenahi, kalau sudah selesai mereka (PKL) harus masuk semua dalam pasar, nah itu perlu waktu,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pihak UPTD meminta waktu untuk penyelesaian pembenahan lokasi relokasi hingga usai lebaran nanti, begitu juga para PKL yang meminta waktu agar penertiban dilakukan setelah lebaran.

“Memang seharusnya PKL itu kewajiban berjualan Blok II dan blok D tidak dipinggir jalan. Kalau sudah siap kita akan koordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban apabila masih ada PKL yang berjualan dipinggir jalan,”ucapnya.

Ia menegaskan permasalahan Pasar Baru harus rampung secara tuntas, terlebih Kota Bekasi sedang dalam penilaian Adipura.

“Pokoknya akan kita fungsikan kembali jalan itu tidak. Terlebih ini kita kan mau Adipura penataan PKL, kebersihan dan lainnya harus benar-benar dilakukan. Nanti engga ada lagi PKL berjualan dipinggir jalan. kita fungsikan kembali jalan itu,”kata Makbullah.

Ia menambahkan untuk melakukan penataan PKL ini lebih mengedepankan pendekatan persuasif. Untuk penataan PKL Pasar Baru merupakan tanggung jawab bersama.

“Jadi, itu permasalahan Pasar Baru jadi tanggung jawab kita bersama, kami Disperindag tanggung jawab sebagai pembinaan pedagang, Satpol PP penertiban, Dishub lalu lintas dan parkir liar jadi itu tanggung jawab kita bersama,” tandasnya. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …