Siswi SMPN 25 Bekasi Komentari Soal HOTS di UNBK

Humas SMPN 25 Bekasi Mahmudin bersama siswi SMPN 25 Bekasi Debby Nur Khairunnisa dan Alya Lintang Kholilah. (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

Humas SMPN 25 Bekasi Mahmudin bersama siswi SMPN 25 Bekasi Debby Nur Khairunnisa dan Alya Lintang Kholilah. (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

KELUHAN pelajar terkait soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selalu menjadi pembicaraan didunia media social bahkan sempat menjadi trending topic.

Berbagai keluhan tersebut disampaikan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) dengan cara yang beragam, mulai dari meluapkan emosi sampai dengan lelucon.

Berbeda dengan siswi SMPN 25 Kota Bekasi ini, Debby Nur Khairunnisa dan Alya Lintang Kholilah.

Dirinya mengatakan bahwa soal Ujian Nasional tersebut terbilang seimbang pada setiap mata pelajaran yang diujikan, namun berbeda halnya dengan matematika yang menurutnya didominasi oleh soal-soal yang susah. Bahkan Debby menyesalkan soal-soal ujian yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

“50 persen susah 50 persen mudah, seimbang lah. Kemarin matematika banyak banget yang susah. Kalau bisa sih di UNBK selanjutnya kalau kisi-kisinya dikasih seperti ini soalnya sesuai dengan kisi-kisi, jangan yang gak sesuai dengan kisi-kisi jadi kita udah belajar di rumah sesuai dengan kisi-kisi yang keluar gak sesuai dengan kisi-kisi,” katanya dengan nada kesal Jumat (27/4/2018).

Sementara itu Alya Lintang Kholilah menambahkan bahwa dirinya sepanjang perjalanan pelaksanaan UNBK memantau perkembangan akun media social resmi Kemendikbud dirinya menjelaskan bahwa banyak siswa yang mengeluhkan soal High Order Thinking Skill (HOTS).

Bahkan kata dia di Instagram Mendikbud juga ramai komentar yang bilang matematika banyak soal HOTS-nya.

“Tapi Meskipun sempat mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal, kami tetap optimis akan mendapat hasil yang maksimal dalam penyelenggaraan UNBK tahun ini, dan insya Allah kami berencana untuk mendaftar di sekolah SMA unggulan dikota Bekasi yaitu SMAN 4,” tuntasnya. (dyt/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …