Ini yang Beda pada PPDB Online 2018 Kota Bekasi

(Ilustrasi) Staf di SMPN 1 Kota Bekasi memberikan pengarahan kepada para orangtua calon peserta PPDB Online 2017, Selasa (4/7/2017). Foto: Istimewa/GoBekasi

(Ilustrasi) Staf di SMPN 1 Kota Bekasi memberikan pengarahan kepada para orangtua calon peserta PPDB Online 2017, Selasa (4/7/2017). Foto: Istimewa/GoBekasi

KEPALA Dinas Pendidikan Ali Fauzie memastikan, ada beberapa perbedaan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ini dari tahun sebelumnya. Ali menjelaskan,Pemerintah Kota Bekasi membuka kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online bagi siswa miskin tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Kemudian perbedaan lain lanjut Ali, yakni aturan main zonasi lan. Tahun ini pendaftaran tidak akan dibatasi oleh zonasi atau wilayah seperti tahun lalu, sehingga siswa mendaftar di sekolah wilayah manapun di Kota Bekasi.

“Tahun ini kuota untuk siswa miskin lebih besar daripada tahun lalu,agak sedikit berbeda. Tahun ini kita membuka kuota untuk siswa tidak mampu sebesar 25 persen,” kata Ali kepada GoBekasi, Jumat (27/4/2018).

Alasannya lanjut dia, memberikan kesempatan lebih besar kepada warga tidak mampu menyekolahkan anaknya , merasakan sekolah gratis yang terselenggara oleh Pemerintah Kota Bekasi.

“Inilah bukti keberpihakan kita kepada warga tidak mampu, siswa tidak mampu, supaya bisa merasakan manfaatnya sekolah gratis yang selama ini diselenggarakan Pemerintah Kota Bekasi,” tutur Ali.

Kuota 25 persen tersebut kata Ali, akan diakomodir melalui data Dinas Sosial Kota Bekasi. “Jadi Jadi perlu ingat nih, nanti kelurahan kecamatan hanya tempat verifikasi siswa miskin, bukan mengeluarkan surat keterangan, tetapi memverifikasi data apakah cocok dengan data dinas sosial atau tidak, kalau tidak ada di data, ya berarti harus lapor ke dinas sosial, bukan meminta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/kecamatan,” jelas Ali panjang lebar.

Kemudian soal Zonasi jelas Ali, tahun ini siswa tidak akan dibatasi dengan wilayah atau zonasi. “Jadi misalnya,siswa rumahnya di Bekasi Timur boleh mendaftar ke Bekasi Utara, boleh. bebas mendaftar dimana saja,” tukasnya.

Sedangkan aturan main PPDB Online lainnya kata Ali, saat ini masih berbentuk draft sehingga belum dapat dipublikasikan lebih banyak. “Nanti (diinformasikan), masih draft tunggu rapat dengan dewan dulu baru selesai,” tutupnya.(adv/hms/lea/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …