Siswa SLBN Bekasi Jalani Ujian

Siswa SLBN tengah mengerjakan soal, Kamis (26/4/2018). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

Siswa SLBN tengah mengerjakan soal, Kamis (26/4/2018). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

ANAK didik SLB Bagian A Tan Miyat dan SLBN Bekasi Jaya mengikuti Ujian Nasional atau yang saat ini dinamakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Namun Peserta didik di sekolah luar biasa yang masuk dalam kriteria tunagrahita ringan dan sedang tidak dapat mengikuti Ujian Nasional 2018.

Pasalnya, penyandang tunagrahita dinilai kurang secara akademis dan sulit memahami soal. Hal tersebut disampaialan oleh Kepala Sekolah SLBN Bekasi Jaya Suherman.

Dirinya mengatakan, di antara penyandang tuna lainnya, siswa penyandang tunagrahita masuk dalam golongan C dan C-1 atau urutan terakhir. Untuk itu, standar soal ujiannya harus didominasi oleh gambar, bukan kata atau dalam kalimat.

“Standar soal untuk para siswa yang menyandang tunagrahita berbeda. Jenjang siswa tunagrahita ini hanya sampai pada ujian akhir sekolah, bukan UN. Standar soal berbeda, jenjang kemampuannya juga berbeda,” ucapnya Kamis (26/4/2018).

Di SLBN Bekasi Jaya bagian B dan C ini, di ikuti 8 siswa dari 21 siswa kelas 12. Karena, 13 siswa diantaranya merupakan siswa tuna grahita (c) sehingga tidak mengikuti UN melainkan hanya Ujian Sekolah (US).

“Sangat sulit untuk mengartikan lembar soal dan jawaban para siswa. Pasalnya SLB A Tan Miyat ini terdiri dari siswa tuna netra sehingga mengharuskan soal dan jawabannya menggunakan huruf Braille, jadi petugas sekolah juga sangat serius dalam menyalin jawaban siswanya,” tuntasnya. (gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …