Proyek Kereta Cepat di Bekasi Terkendala Lahan Perusahaan

ilustrasi

ilustrasi

PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia menyatakan bahwa 2.000 bidang tanah milik telah berhasil dibebaskan untuk pembangunan kereta cepat Bandung-Jakarta. Proses pembebasan lahan lainnya dipastikan selesai akhir bulan ini untuk selanjutnya dilakukan pembangunan fisik.

“Secara nasional saya sampaikan bahwa hingga hari ini (kemarin) sudah ada 2.000 bidang tanah yang dalam proses pembayaran ganti kerugian. Selanjutnya pembebasan lahan terus kami lakukan,” kata Direktur PT PSBI Muhammad Nasir beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, PSBI merupakan konsorsium dari beberapa BUMN yang ditugaskan untuk membebaskan lahan yang diperlukan untuk mega proyek kereta cepat.

Di Kabupaten Bekasi, lanjut dia, pembebasan lahan telah mencapai 100 bidang dari total 450 bidang tanah yang dibutuhkan. Meski begitu, Nasir memastikan, lahan yang belum dibebaskan telah melalui musyawarah dan tinggal dilakukan pembayaran.

“Ada sekitar 350 bidang lagi yang belum, semua proses sudah dilakukan, sudah musyawarah tinggal menunggu dibayar. Tapi ada juga beberapa yang milik perusahaan,” ucap dia.

Di Kabupaten Bekasi, kata Nasir, terdapat kendala lain yakni lahan yang miliki perusahaan. Hingga kini proses musyawarah untuk pembebasan lahan tersebut masih belum ada titik temu.

Berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bekasi, terdapat 20 perusahaan yang lahannya terdampak proyek kereta cepat.

Lima perusahaan di antaranya tergolong perusahaan besar yakni Lippo Cikarang, Deltamas, MM2100, Grandwisata Tambun dan Astra Honda Motors.

“Rencana pihak BPN akan memanggil perusahaan ini untuk bermusyawarah. Harapan saya dapat menemukan titik temu agar pembebasan lahan dapat berlanjut,” ujar dia. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …