Masyarakat Tak Indahkan Plang ‘Dilarang Buang Sampah’

Salah satu titik tempat sampah ilegal di Karangasih, Jumat (20/4/2018). (Foto: Kukuh/Radar Bekasi)

Salah satu titik tempat sampah ilegal di Karangasih, Jumat (20/4/2018). (Foto: Kukuh/Radar Bekasi)

KESADARAN warga untuk menjaga kebersihan masih sangat minim. Buktinya, keberadaan plang larangan membuang sampah di Kampung Cikarang Jati, perbatasan Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara dan Desa Sukajaya, Kecamatan Cibitung, diabaikan oleh sejumlah masyarakat.

Tempat itu masih kerap dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal oleh sejumlah warga. Selain menimbulkan pencemaran lingkungan, tumpukan sampah di bantaran Kali Cikarang itu juga menimbulkan aroma tidak sedap, hal itu sangat mengganggu warga sekitar dan para pengendara yang melintas.

Seorang warga Kampung Cikarang Jati, Haris (37), mengaku sangat terganggu dengan keberadaan tumpukan sampah itu. Dia juga menyayangkan sikap warga setempat yang masih saja membuang sampah di kampung nya sendiri.

“Saya menyayangkan adanya warga yang masih buang sampah di sini. Padahal jelas-jelas ada plang larangan membuang sampah, tapi kayaknya masih banyak warga yang tidak peduli dan tetap buang sampah ke sini,” kata Haris, Jumat (24/4/2018).

Menurut Haris, lokasi itu sudah cukup lama dijadikan tempat pembuangan sampah, dan hingga saat ini kebiasaan buruk itu masih dilakukan warga. “Yang saya ingat sudah sejak tiga tahun lalu ada pembuangan sampah di sini. Anehnya masih banyak saja warga yang belum sadar terhadap kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Terpisah, Rahmat Ajiz, ketua RT setempat juga mengatakan bahwa sejauh ini belum ada tindakan tegas dari pemerintah desa setempat untuk mengatasi masalah pembuangan sampah tersebut.

“Saya berharap kepada pemerintah desa menyiapkan tempat pembuangan sampah sementara di sini, yang bisa diangkut secara teratur biar tempat ini tetap bersih dan warga bisa lebih nyaman tidak terganggu bau sampah,” pungkasnya. (cr37/rbs/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …