Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Air Putih. Foto: Pizabay

Air Putih. Foto: Pizabay

SECARA umum, air berperan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya air dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh manusia.

Karena itu, biasakanlah konsumsi air sesuai yang dibutuhkan tubuh, termasuk dengan minum air putih setelah bangun tidur.

Begitu pentingnya fungsi air putih bagi kelancaran berbagai sistem di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya. Kurang lebih 70 persen bagian dari tubuh mengandung air.

Ketika kebutuhan air di dalam tubuh tidak tercukupi, maka timbul masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Pria dewasa membutuhkan minimal 2,5-2,6 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau sekitar 7 gelas setiap harinya. Tetapi, aktivitas yang dilakukan seseorang juga dapat memengaruhi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya.

Minum air putih memang dianjurkan karena memberi serangkaian manfaat bagi kesehatan, salah satunya minum air putih setelah bangun tidur. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan bila memiliki kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur.

1. Meningkatkan kecepatan metabolisme.

Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh kurang lebih 24 persen. Metabolisme yang meningkat juga bisa meningkatkan kecepatan kerja sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lebih lancar.

Selain itu, air yang Anda minum juga sekaligus membersihkan usus yang pada akhirnya lebih memudahkan proses penyerapan nutrisi makanan.

2. Sebagai upaya rehidrasi.

Ketika Anda tidur dalam beberapa jam, tidak ada sedikit pun asupan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk air putih. Padahal selama tidur tubuh melakukan proses metabolisme dan menggunakan cadangan air yang berada di dalam tubuh.

Karena itu, tubuh Anda membutuhkan asupan air putih saat bangun tidur untuk mengisi kembali cadangan air yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian hal tersebut juga bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

3. Menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan membantu meningkatkan kerja sistem limfatik, yakni salah satu bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh semakin kuat, maka dapat mencegah Anda terserang berbagai penyakit.

4. Mengeluarkan racun dari tubuh.

Ginjal memiliki fungsi mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dan racun dari dalam tubuh. Fungsi ginjal tersebut dapat berjalan dengan maksimal bila Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih.

Setelah semalaman tubuh menjalankan proses detoksifikasi, minum air putih setelah bangun tidur akan membantu dalam proses pengeluaran hasil detoksifikasi dari dalam tubuh melalui urine. Konsumsi air putih yang cukup dapat memaksimalkan fungsi ginjal.

5. Mencegah penyakit saluran kemih.

Minum air putih sesaat setelah bangun tidur dapat membantu untuk mencegah terserang penyakit saluran kemih, seperti batu ginjal atau pun infeksi saluran kemih. Konsumsi air putih dalam keadaan lambung yang masih kosong dapat melarutkan asam yang menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, minum air putih juga dapat membantu fungsi kerja saluran kemih dalam mengeluarkan kuman penyebab infeksi saluran kemih dari dalam tubuh.

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda rasakan saat memiliki kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur. Dengan cara sederhana tersebut tubuh menjadi lebih sehat.(NP/RVS/klikdokter)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …