Ahmad Heryawan Tutup MTQ ke-35 Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menutup MTQ ke 35. Foto: Istimewa/Gobekasi

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menutup MTQ ke 35. Foto: Istimewa/Gobekasi

SEPEKAN sudah perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-35 Tingkat Provinsi Jawa Barat digelar dari tanggal 14-20 April 2018 di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menutup MTQ Ke-35 mengapresiasi Kabupaten Sukabumi selaku tuan rumah. Dan menurutnya, MTQ di Kabupaten Sukabumi merupakan gelaran MTQ terbaik selama ia menjabat.

“5 kali hadir di MTQ dan yang terakhir ini menjadi MTQ terbaik sepanjang saya jadi Gubernur. Saya mengucap syukur dan terima kasih kepada panitia, warga Sukabumi dan para kontingen sehingga MTQ berjalan baik,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menutup MTQ Ke-35 di Alun-Alun Pelabuhan Ratu, Jumat malam, (20/4/2018).

Ahmad Heryawan juga menyampaikan arahan kepada semua kepala daerah se-Jabar agar terus meningkatkan pembinaan melalui peran LPTQ di daerah guna mencetak generasi muda qurani.

“Para Bupati/Walikota perlu komitmen bersama agar pembinaan lebih bagus lagi. Peran LPTQ ditingkatkan sehingga menyebar dan merata disemua wilayah dan bisa membumikan Al Quran di Jawa Barat,” harapnya.

Diinformsikan, Sebanyak 27 kabupaten/kota Se-Jawa Barat mengirimkan qori, hafidz, mufasir terbaiknya untuk unjuk gigi di even dua tahunan ini.

Sebanyak 1300 peserta telah mengikuti 7 jenis lomba dan terbagi dalam 22 golongan putra/putri, anak-anak/remaja hingga golongan dewasa. Dan para juara akan kembali berlomba di MTQ Nasional di Provinsi Sumatera Utara pada 4-13 Oktober 2018 di Kota Medan.

Dan keluar sebagai juara umum MTQ Ke-35 Jawa Barat yakni Kontingen Kota Bandung dengan total poin 70 mengungguli Kontingen Kabupaten Bandung dengan 48 poin dan diurutan ketiga, Kabupaten Sukabumi dengan 38 poin.

Dengan raihan ini, Kota Bandung menyabet juara umum ketujuh kalinya secara beruntun dan berhak menerima piala tetap Gubernur Jawa Barat.

Sementara untuk posisi kontingen Kota Bekasi menduduki urutan ke-18 dari 27 Kota/kabupaten dengan poin 3 berasal dari keberhasilan 3 pesertanya.

Mereka antara lain, Muhammad Irvan Zidny berhasil meraih juara 3 dari golongan Qiroaat Al Quran, Murotal Dewasa Putra, kemudian Farah Abidah juara 3 cabang Hifzh Al Quran Golongan 30 Juz Putri, dan Muhammad Abdul Aziz juara 3 cabang Tafsir Al Quran Golongan Bahasa Arab putra.

Penjabat Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah turut hadir dimalam penutupan MTQ Ke-35. Ia mengapresiasi capaian kontingen Kota Bekasi baik kepada para peserta, ofisial dan panitia. Menurutnya, mereka telah berupaya meraih hasil terbaik selama perhelatan MTQ.

“Perjuangan mereka mengharumkan nama Kota Bekasi dan jadi motivasi bagi anak muda lainnya agar mencintai Al Quran. Semoga MTQ mendatang bisa lebih baik,” kata Ruddy.

Ruddy pun mengatakan selama masih diberi amanah memimpin pemerintah Kota Bekasi hingga terpilihnya Walikota lewat Pilkada 27 Juni 2018 nanti, ia berencana akan meningkatkan program keagamaan untuk mencetak generasi qurani bagi warga Kota Bekasi.

“Terkait program pembinaan keagamaan warga Kota Bekasi seperti dilakukan oleh LPTQ dan lainya akan meningkat. Selama saya diberi amanah kita upayakan agar ditingkatkan,” ucap Ruddy.

Ia mengatakan dengan mencetak generasi muda dekat dengan Al Quran mereka pun akan jauh dari hal negatif yang merusak moral dan akhlak seperti mengonsumsi miras, narkoba, tindak kriminalitas dan hal negatif lainnya.

“Utamanya pembinaan terus dilakukan. Walaupun kita ingin Kontingen Kota Bekasi bisa melaju lebih tinggi di even MTQ Jabar dimasa mendatang,” harap Ruddy.

Dalam kesempatan itu, Dewan Juri MTQ juga mengumumkan pemenang pada pawai taaruf yang bernuansa Islami dan mengutamakan ciri buda masing-masing khafilah MTQ Ke-35 Jabar.

Berhasil menjadi Juara 1 Pawai Taaruf diraih khafilah Kabupaten Ciamis, juara 2 Khafilah Kabupaten Sukabumi, dan juara ketiga khafilah Kabupaten Garut. Sementara untuk juara harapan 1 diraih khafilah Kabupaten Subang dan juara harapan dua diraih Kabupaten Karawang.

Para juara pawai taaruf mendapat kadedeuh berupa uang pembinaan dan hadiah dua tiket perjalanan umroh dan satu tiket tambahan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Mereka pun diproyeksikan menjadi peserta taaruf perwakilan Jawa Barat di MTQ Nasional yang digelar Oktober 2018 mendatang. (adv/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …