Ini Alasan Mengapa Jalan Ahmad Yani Dipilih dalam Penilaian RSPA Mabes Polri

Pemotor melintas di jalir khusus Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, yang akan menjadi penilaian tim RSPA, Kamis (19/4/2018). Foto: Istimewa/Gobekasi

Pemotor melintas di jalir khusus Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, yang akan menjadi penilaian tim RSPA, Kamis (19/4/2018). Foto: Istimewa/Gobekasi

SEPANJANG Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, sejak kemarin menerapkan koridor khusus sepeda motor yang sempat terhenti selama lebih dari setahun.

Jalur khusus pemotor itu diaktifkan dalam rangka penilaian Road Safety Partnership Action (RSPA) 2018 tingkat nasional dari Mabes Polri.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Harry Sulistiadi, menjelaskan alasan mengapa Jalan Ahmad Yani dipilih sebagai implementasi program keselamatan berkendara.

“Kami pilih karena jalur protokol sepanjang lebih kurang 2,5 kilometer itu menjadi salah satu kawasan tertib lalu lintas di Kota Bekasi,” jelas Harry, Jumat (20/4/2018).

Implementasi program itu dilakukan dengan menandai jalur khusus sepeda motor menggunakan cat merah serta pemasangan rambu krucut di sepanjang sisi lintasannya agar motor dan mobil tidak tercampur di badan jalan.

“Pemotor yang ingin akses Jembatan Layang Summarecon masih bisa mengambil lajur kanan (jalur mobil) dan ada petugas yang menjaga keamanan di lokasi,” katanya.

Satlantas Polres Metro Bekasi Kota bersama Dinas Perhubungan Kota Bekasi pernah menerapkan kebijakan yang sama di Jalan Ahmad Yani pada periode 2013-2016.

Dalam penerapan kebijakan itu, Kota Bekasi telah berhasil menyabet juara tingkat Polda Metro Jaya sebanyak 4 kali berturut-turut.

Namun, prestasi itu terhenti sejak akhir 2016 hingga awal April 2018. Sebab, ada pembangunan infrastruktur pelebaran Jalan Ahmad Yani berupa pebongkaran median jalan di dua jalurnya serta pembuatan pedestrian.

Rangkaian penilaian yang dibuka sejak hari kemarin akan berakhir hingga tanggal 24 April 2018, mendatang. Pada tanggal 24 April, tim RSPA akan melakukan penilaian skala nasional. (adv/hms/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …