Kota Bekasi Surati KPU RI Terkait Jadwal Libur Lebaran

Kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir.H Juanda, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur. Foto: Mochmad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir.H Juanda, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur. Foto: Mochmad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi meminta KPU RI berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat berkaitan dengan jadwal pencoblosan pada 27 Juni mendatang.

Pasalnya, agenda pencoblosan sangat berdekatan dengan waktu libur panjang Idulfitri.

Komsioner KPU Kota Bekasi Divisi Perencanaan dan Data, Syafrudin, khawatir pelaksanaan Pilkada 2018 di Kota Bekasi akan mengalami penurunan animo masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pasalnya, waktu pencoblosan diprediksi tidak diikuti oleh sebagian masyarakat yang tengah menjalani mudik lebaran. Karena itu, lembaganya meminta ada perubahan libur.

“Sudah kami ajukan ke KPU RI, seperti rekomendasi perubahan jadwal libur,” ujar Syafrudin, Kamis (19/4/2018).

Perubahan jadwal libur panjang yang dimaksud Syafrudin, pergantian dengan memperpanjang agenda libur sebelum perayaan Idulfitri. Sementara, pasca Idulfitri di perpendek.

“Dengan rekayasa itu, masyarakat Kota Bekasi yang tengah pulang kampung memiliki rencana waktu luang untuk mendatangi TPS,” tuturnya.

Syafrudin menjelaskan pelaksanaan pencoblosan kali ini menjadi tantangan tersendiri. Terlebih, KPU Kota Bekasi menargetkan partisipasi publik mencapai 70 persen.

Target ini cukup tinggi mengingat partisipasi masyarakat Kota Bekasi pada pesta demokrasi sebelumnya cukup lesu.

Pada Pemilihan Wali Kota Bekasi 2012, partisipasi hanya mencapai 49 persen. Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 mencapai 43 persen.

Pemilihan Legislatif 2014 tembus 68 persen, dan Pemilihan Presiden 2014 mencapai 60 persen.

“Kami targetkan 70 persen bisa tembus,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …