Diam-diam Sejumlah Napi Lapas Cikarang Punya Ponsel

Petugas menggeledah kamar narapidana, Senin (16/4/2018). (Foto: Fajar)

Petugas menggeledah kamar narapidana, Senin (16/4/2018). (Foto: Fajar)

LEMBAGA Pemasyarakatan Kelas III Bekasi (Lapas Cikarang) merazia warga binaan penghuni Blok B. Hal ini untuk menetralisisasi barang-barang yang dimiliki warga binaan seperti ponsel, narkoba, dan barang-barang yang memang dilarang keberadaannya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Bekasi, Kadek Anton Budiharta. Itu merupakan program dari rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54.

“Seluruh lapas dan rutan se-Indonesia serentak melakukan kegiatan penggeledahan terhadap warga binaannya atas intruksi dari Menkumham, Yasona Laoly,” ujarnya usai lakukan kegiatan, Senin (16/4/2018).

Dikatakan Kadek, sebenarnya kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas. Kita bisa melakukan penggeledahan 4-5 kali dalam seminggu, namun tidak kita publish. Yang menjadi sasaran utama penggeledahan adalah Handphone dan narkoba. Pasalnya, kedua barang itu kerap digunakan warga binaan untuk disalahgunakan.

“Untuk itu, kami melakukan hal tersebut. Namun, dilakukan secara acak (random-red),” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu program prioritas Kemenkumham untuk pembersihan lapas dan rutan dari barang-barang yang terlarang.

“Kebijakkan Bapak Menteri sudah tegas, siapapun petugas yang terlibat dalam narkoba, dalam penyalahgunaan HP, akan dilakukan hukuman disiplin yang sangat berat dan akan dilakukan pemecatan. Sudah banyak bukti Kemenkumham melakukan pemecatan kepada petugas yang terlibat narkoba,” jelas Kadek.

Sehingga harapan pimpinan ke depannya, lapas dan rutan ini akan bersih dari barang-barang yang terlarang.

Dari hasil penggeledahan, petugas Lapas Cikarang menemukan HP sebanyak 9 unit, handsfree 4 buah, charger 6 buah, alat cukur kumis 11 buah, kartu remi 3 pak, dan instalasi-instalasi kabel yang memang dilarang.

“Barang seperti HP yang kita dapat, kita sita dan dikumpulkan hingga dilakukan pengembangan. Sedangkan, napi tersebut akan di-BAP. HP tersebut pada waktunya nanti akan kita lakukan pemusnahan,” ucap Kadek. (lea/gob)



loading...

Feeds

Pengaruhi Hak Pilih Warga Kota Bekasi, Pak RT dan RW Terancam Sanksi Pidana

PSK dan Waria Punya Hak yang Sama

PEKERJA Seks Komersial (PSK) dan kaum waria punya hak pilih sama dengan masyarakat umumnya. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Bekasi …