Soal UNBK Sulit, Begini Keluhan Pelajar SMA di Bekasi

(Ilustrasi) UNBK 2018.

(Ilustrasi) UNBK 2018.

SOAL matematika dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi soal yang banyak dikeluhkan siswa karena terlalu sulit dan tidak sesuai dengan kisi-kisi.

Keluhan dan laporan atas sulitnya soal Matematika ini juga disampaikan oleh siswa-siswi di laman komentar akun resmi Kemdikbud di media sosial Instagram dan telah tersebar di Twitter dan Facebook. Ternyata ini yang menjadi sulit.

Beberapa siswi Kelas 12 SMA Swasta di Bekasi,salah satunya Giorgia Fransiska mengatakan bahwa ada contoh soal yang belum dipelajari, cotangen, matriks pecahan.

Bahkan ada juga soal yang salah jawabannya. Soalnya juga kurang kalimat penjelasannya, dan bingung harus diapakan.

“Kami sangat kecewa dengan soal ini, semoga ke depan tidak terulangi kami. Kami hanya berdoa nilai UNBK kami tetap bagus,” katanya Senin (16/4/2018).

Selain masalah soal Matematika, juga ada aduan kecacatan soal, seperti soal Biologi yang jawabannya tidak sesuai dengan soal, begitu juga untuk soal Kimia.

“Ada bebarap yang gak sesuai, kita yakin kalo jawabnya itu tapi di kolom jawaban gak jawaban tersebut,” ucapnya.

Keluhan soal Matematika terutama Matematika IPS tersebut juga terkait dengan jumlah dan cakupan materi tidak sesuai kisi-kisi, tidak sesuai dengan cakupan materi di simulasi UN dan uji coba UN, dan tidak sesuai kaidah penyusunan soal yang baik.

“Soal trigonometri banyak keluar enam soal padahal di kisi-kisi hanya dua soal. Selain itu, soal isian singkat banyak soal yang tidak sama, ada yang empat ada yang lima ada yang tiga,” tutupnya. (dyt/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …