Jiwang: Calon Pemimpin Harus Menjawab Tantangan Kaum Milenial

KPU Jawa Barat program Electainment on Campus di Kampus Universitas

KPU Jawa Barat program Electainment on Campus di Kampus Universitas "45" Bekasi, Kamis (12/4/2018). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

KONSULTAN dan praktisi poltiik Jiwang Jiputro, menyebut jika para calon pemimpin Jawa Barat dan Kota Bekasi harus mampu menjawab tantagan kaum milenial.

Ia mengatakan, Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gunernur Jawa Barat adalah Pilkada yang menjadi penentu.

Soalnya, jumlah pemilih di provinsi ini adalah paling besar dibanding provinsi lain yaitu, 33 juta pemilih.

“30 persen di antaranya adalah generasi milenial atau sekitar 12 juta suara lebih. Jadi begitu pentingnya suara anak muda untuk menentukan arah politik negeri ini,” kata Jiwang, Senin (16/4/2018).

Menurutnya, generasi milineal secara umum  melek teknologi, tetapi apatis terhadap politik. Kaum milenial, sejatinya dapat diberdayakan bersama melalui tokoh-tokoh muda.

“Hal ini menjadi tugas bersama, dan ini juga menjadi tugas KPU (Komisi Pemilihan Umum),” ujar Jiwang.

Misalnya saja, sambung Jiwang, degan dunia politik di Kota Bekasi. Ia menyebut dalam momen Pilkada Kota Bekasi juga amat penting melibatkan langsung partisipasi pemuda di setiap proses politik di Kota Bekasi.

“Beberapa Survei di tahun 2014 menunjukkan pemilih muda Indonesia didominasi oleh swing voters (pemilih galau), dan apathetic vokters (pemilih cuek). Cara pandang ini perlu diubah dan ini tugas calon-calon pemimpin kita,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Pengaruhi Hak Pilih Warga Kota Bekasi, Pak RT dan RW Terancam Sanksi Pidana

PSK dan Waria Punya Hak yang Sama

PEKERJA Seks Komersial (PSK) dan kaum waria punya hak pilih sama dengan masyarakat umumnya. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Bekasi …