HLI Targetkan buat 10 Juta Lubang Biopori

Pembuatan lubang biopori oleh HLI, Senin (16/4/2018). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Pembuatan lubang biopori oleh HLI, Senin (16/4/2018). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

PEGIAT lingkungan dari Hijau Lestari Indonesia (HLI) mengembangkan biopori di Kota Bekasi. Tujuannya agar masyarakat sadar akan seberapa pentingnya biopori di pemukimannya.

Di RT 007 RW 04 Jalan Makrik, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, HLI membangun puluhan biopori kepada masyarakat sekitar.

Ketua Umum HLI, Jon Effendi, mengatakan jika kegiatan itu merupakan bentuk sosialisasi atau kampanye HLI sebagai pegiat lingkungan kepada masyarakat.

HLI menargetkan membangun 10 juta biopori di Indonesia dalam satu tahun lebih yang di mulai sejak awal Januari 2018 lalu.

“Sudah kita lakukan di sejumlah daerah, di Kabupaten Bengkalis, kita buat biopori di salah satu sekolah dasar dan satu kelurahan. Kabupaten Bekasi dan Kota Bandung,” kata dia, Senin (16/4/2018).

Di Kota Bekasi, sambung Jon, juga sudah terbangun di sejumlah wilayah.

“Di sini kita kembangkan. Di Kecamatan Rawalumbu ini kami sekaligus mengundang dari beberapa RW dan perwakilan wilayah di Jatisari. Tujuannya agar mereka dapat menularkan giat ini kepada masyarakat luas,” jelas dia.

Menurutnya, pembuatan biopori sudah dicanangkan oleh masing-masing pemerintah daerah (Pemda). Hanya saja tidak berjalan efektif sehingga butuh kembali di sosialisasikan.

“Membuatnya itu gampang, tapi pemeliharaannya yang sulit dalam jangka waktu 2-3 bulan. Jadi jika membuat biopori itu jangan dijadikan sebagai seremonial saja, warga harus melakukan pemeliharaan,” ujar Jon.

Ia menjelaskan, perawatan biopori dapat melalui proses khusus respaan air atau semacam pembuatan kompos. Sampah sayuran dari dapur yang membusuk, daun atau kertas dapat di masukan ke lubang tersebut.

“Lubang kedalaman pembuatan biopori itu satu meter, setelah sampah dapur dimasukan, akan menyebabkan hadirnya binatang seperti cacing, kalau masuk tulang atau daging ada belatung, akan busuk dimakan oleh cacing timbul pelapukan, jadilah pupuk dan cacing akan melubangi dinding,” jelasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …