Ciletuh Segera Jadi Unesco Global Geopark

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau Geopark Ciletuh, Minggu (15/4/2018). (Foto: Agung)

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau Geopark Ciletuh, Minggu (15/4/2018). (Foto: Agung)

GUBERNUR Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka kegiatan Fun Day Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, (15/4/2018). 

Geopark Ciletuh, area wisata di Kabupaten Sukabumi yang akan segera ditetapkan Unesco, Lembaga dunia PBB yang menangani urusan pendidikan, Iptek dan budaya, menjadi Unesco Global Geopark (UGG) yang berarti diakui jadi salah satu destinasi wisata dunia.

Selain mengesahkan Geopark Ciletuh, informasi yang didapat,  Unesco juga mengesahkan 12 geopark dari 11 negara sebagai UGG. Pengesahan disampaikan dalam sidang Executive Board Unesco ke 204, Komisi Programme and External Relations, Kamis (12/4/2018) di Paris, Perancis. Rencananya pada September mendatang, Unesco secara resmi menetapkan Geopark Ciletuh jadi UGG.

Fun Day juga digelar panitia penyelenggara guna menambah semarak keberhasilan Geopark Ciletuh Sukabumi meraih predikat prestisius dunia. Diisi dengan berbagai kegiatan seperti aksi penanaman pohon, festival kuliner, paralayang, color fun run, parade Mobil VW dan Jeep Willys, foto kontes.  

“Ini sebuah sejarah, UNESCO Global Geopark pertama di  Jawa Barat bersama Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat menjadi destinasi wisata dunia karena keindahan dan keanekaragaman geologi, biologi, dan suport pemerintah. Kita sangat bangga dan ke depan terus menata dan merawat kebersihannya,” kata Ahmad Heryawan. 

Lanjut Aher sapaan Ahmad Heryawan mengatakan pihak provinsi Jawa Barat memberikan sejumlah dana untuk perbaikan infrastruktur menuju wisata geopark ciletuh sejak 2016. 

“Tiga jalur penghubung ke Ciletuh terus dalam perbaikan dan sudah kita alokasikan dalam tiga tahun terakhir. Jadi akses sudah baik,” kata Aher. 

Dirinya pun berharap pemerintah pusat juga turun tangan memberikan sokongan dana APBN untuk pengembangan wisata Geopark Ciletuh.

“Penataan kedepan pentong, pemerintah dan swasta dilibatkan dan kucuran dana APBN Rp 1 Triliun bisa terujud. Semoga menjadi pertimbangan Bapak Presiden dan jajaran kementerian terkait,” kata Aher. 

Selain itu ia pun menyampaikan arahan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi agar segera membuat Rencana Detail Tata Ruang Wilayah (RDTR) Kabupaten Sukabumi yang didalamnya memuat penataan geopark Ciletuh sehingga bisa berkembang.

“Investasi dari pariwisata manfaatnya kembali buat semua masyarakat berbeda ketimbang investasi usaha. Dan nantinya RDTR sudah ditetapkan siapa pun  yang berinvestasi wisata harus menuruti RDTR. Rencana pembangunan hotel dan sarana pendukung objek wisata sudah ada penataan,” kata Aher. 

Diketahui, Geopark Ciletuh dapat dijangkau dari Jakarta dengan 7-8 jam berkendara. Arealnya sangat luas dan sekarang menjadi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu yang mencakup 8 kecamatan dengan total luas 1.261 km2 dengan Objek wisatanya lebih dari 50 objek wisata. 

Pada Pembukaan Fun Day Geopark Ciletuh, turut hadir Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Pj Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat  Ida Hernida,  Ketua Apindo Kab Sukabumi Ning Wahyu Astuti, Purnawirawan dan Mantan Wakapolri Komjen Pol (Pur) Nanan Soekarna yang juga sebagai Ketua Umum Volkswagen (VW) Indonesia. (adv/hms/gob)



loading...

Feeds

Pengaruhi Hak Pilih Warga Kota Bekasi, Pak RT dan RW Terancam Sanksi Pidana

PSK dan Waria Punya Hak yang Sama

PEKERJA Seks Komersial (PSK) dan kaum waria punya hak pilih sama dengan masyarakat umumnya. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Bekasi …