STMKG Buka Pendaftaran 250 Taruna Baru

Ilustrasi. (Foto: Ist)

Ilustrasi. (Foto: Ist)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan salah satu institusi yang membuka sekolah kedinasan. Tahun ini, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) menerima 250 taruna/i baru.

Rinciannya 112 taruna baru untuk program studi Meteorologi, 26 taruna untuk prodi Klimatologi, 24 taruna untuk prodi Geofisika, dan 88 taruna untuk Instrumentasi-MKG.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman menjelaskan, salah satu syarat calon taruna (catar) STMKG adalah mengenai kesehatan mata.

“Tidak boleh memiliki mata silinder, dan bagi yang berkacamata maksimal minus dua,” jelas Herman dalam keterangan tertulisnya yang diterima JawaPos.com, Sabtu (14/4).

Dijelaskan Suryatman, persyaratan tersebut dituangkan dalam Surat Pengumuman nomor HK.401/007/SU/IV/2018, tentang Penerimaan Taruna Baru STMKG Tahun Akademik 2018/2019 .

Berita Terkait
Syarat Lolos Sekolah Kedinasan Lumayan Berat, Nih Tahapan Tesnya

Belum Seminggu Dibuka, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Membludak

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka, Apa Saja Syarat-syaratnya?

Syarat lainnya adalah tinggi badan catar. Bagi pria minimal 163 cm dan 155 cm untuk catar wanita.

Untuk jenjang siswa SMA/MA yang ingin mendaftar STMKG, harus membuat surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat saat dilakukan tes kesehatan.

“Umur pendaftar tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada 1 September 2018,” jelas Herman.

Untuk syarat akademik, para pendaftar harus siswa SMA jurusan IPA. Selain dari SMA, STMKG juga membuka peluang untuk siswa SMK dengan berbagai kompetensi keahlian.

Mulai dari Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Teknik Komputer dan Jaringan.

“Bagi pendaftar dengan keahlian tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran fisika, matematika, dan bahasa Inggris minimal 70 (skala 100).

Sedangkan, bagi yang akan lulus pada 2018, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3,4, dan 5) pada pelajaran fisika, matematika, dan bahasa Inggir minimal mendapat 70 (skala 100).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman Panitia Seleksi Nasional Pendidikan Kedinasan di https://sscndikdin.bkn.go.id dan dilanjutkan dengan pengisian formulir pendaftaran di laman Penerimaan Taruna Baru (PTB) STMKG 2018 di https://ptb.stmkg.ac.id.

Seleksi terdiri atas tiga tahap dengan sistem gugur. Tahap pertama adalah SKD, tahap kedua adalah Tes Akademik mata pelajaran fisika, matematika, dan bahasa Inggris, serta tahap ketiga adalah wawancara dan tes kesehatan.

Dari jumlah formasi taruna yang diterima, diberlakukan komposisi 80% pria dan 20% wanita dengan pertimbangan penempatan di daerah terpencil dan dinas malam.

Pendaftaran di laman Panselnas Pendidikan Kedinasan dilakukan sejak 9–30 April 2018. Sementara pengisian formulir pendaftaran di PTB STMKG 2018, dilakukan pada 9 April-4 Mei 2018.

“Biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000 dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp 50.000. Hati-hati terhadap penipuan,” tutup Suryatman.

(rgm/jpc/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …