Diskes Kota Bekasi Ajukan 11 Puskesmas untuk di Akreditasi

Puskesmas Karangkitri. Foto: Istimewa/Gobekasi

Puskesmas Karangkitri. Foto: Istimewa/Gobekasi

DINAS Kesehatan Kota Bekasi (Dinkes) terus mempersiapkan Puskesmas yang ada agar mendapat akreditasi.

Ditargetkan 2020 mendatang, sebanyak 39 Puskesmas yang ada di Kota Bekasi sudah meraih pengakuan mutu pelayanan yang sesuai dengan standar dan ketentuan dari Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Bidang di Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Laela Nauvaya mengatakan, program akreditasi Puskesmas sudah berjalan di Kota Bekasi sejak 2016 lalu.

“Waktu itu dua Puskesmas yang mendapat akreditasi yakni Puskesmas Karangkitri dan Puskesmas Pondokgede,” katanya, Sabtu (14/4/2018).

Untuk tahun 2017, Laela menyebutkan sebanyak tujuh Puskesmas juga mendapatkan akreditasi.

“Jadi total sudah sembilan Puskesmas di Kota Bekasi yang mendapat akreditasi,” ujarnya.

Sementara itu di tahun 2018 ini, Laela mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengajukan sebanyak 11 Puskesmas untuk menjalani proses penilaian akreditasi.

“Kami menargetkan sebanyak 39 Puskesmas yang ada di Kota Bekasi, seluruhnya sudah mendapat akreditasi pada tahun 2020 mendatang,” paparnya.

Menurutnya, Puskesmas selaku kantor pelayanan kesehatan untuk masyarakat harus memenuhi standar mutu yang diterapkan Kementerian Kesehatan, terkait sarana dan prasarana yang dimiliki, pelayanan kesehatan pasien, sumberdaya manusia, serta tertib administrasi atau manajemennya.

“Makanya kami mengarahkan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Bekasi untuk mengikuti proses penilaian akreditasi ini, sehingga Puskesmas yang belum menerima akreditasi harus mempersiapkan diri menjalani penilaian akreditasi yang dilakukan tim penilai independen,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds