Pelaksanaan UNBK di Kota Bekasi Belum Maksimal

Ilustrasi. (foto: ist)

Ilustrasi. (foto: ist)

PELAKSANAAN Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Bekasi, belum maksimal. Hal ini dikarenakan terkendala pemenuhan perangkat komputer dan masih banyak ditemukan di tingkat SMA/SMK bahkan pekan depan oleh SMP.

Para siswa terpaska masih harus ada yang menumpang ke sekolah lain untuk melaksanakan ujian tersebut.

Meski begitu, sekolah swasta di Kota Bekasi diyakini lebih siap melaksanakan UNBK secara mandiri atau telah memiliki ketersediaan perangkat komputer di sekolahnya.

Demikian disampaikan Sekretaris Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi, Ayung Sardi Dauli, Kamis (12/4/2018).

“‎Secara keseluruhan, jika dilihat dari kesiapan pelaksanaan UNBK, sekolah swasta lebih siap ketimbang sekolah negeri,” ujar dia.

Berdasarkan data, sambung Ayung, sebanyak 75 persen SMA sudah dapat mengelar UNBK secara mandiri.

“Sisanya, masih menumpang di sekolah lain,” tutur dia.

Sementara itu, katanya, pelaksanaan UNBK tingkat SMA negeri dan swasta sudah capai 99 persen.

“Namun, memang masih kekurangan komputer sehingga menumpang ke tempat lain,” ungkap Sekretaris Disdik Kota Bekasi, Inayatullah.

Inay mengaku jika Kota Bekasi sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Barat, untuk memperbanyak sarana komputer di tingkat SMA/SMK.

Namun, hasilnya tetap tidak maksimal dan dengan terpaksa masih ada siswa yang harus menumpang ujian di sekolah lain.

Sedangkan, untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP negeri dan swasta sudah mencapi 75 persen dari 215 total jumlah SMP negeri dan swasta di Kota Bekasi.

‎Pihaknya, kata dia, menganggarkan dana Rp37 miliar untuk pengadaan 5.020 unit komputer di jenjang SMP negeri dan swasta namun hingga kini, penyerapan dana tersebut tidak terealisasi. (kub/gob)

Data SMP Negeri dan Swasta di Kota Bekasi

SMP negeri: 43
SMP terbuka: 6
SMP swasta: 214
Jumlah: 263 sekolah

Peserta UNBK Tingkat SMP

1. UNBK tingkat SMPN sebanyak 43 sekolah dengan peserta berjumlah 15.338 murid. ‎SMP terbuka dengan peserta ada 321 murid‎. SMP swasta dengan peserta ada 6.459 murid‎.

2. SMPN yang melaksanakan UNBK secara mandiri atau tidak menumpang ke tempat lain yakni SMPN 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 12, 16, 19, 20, 24, 26, 28 (total ada 15 SMPN dari jumlah keseluruhan 43 sekolah atau sekitar 35%.

‎3. SMP swasta yang menumpang sekitar 11 persen di antaranya Citra Anak Bangsa, Al Fajri, Al Suryaniyah, Ibnu Hajar, Green School, Dar Et Tauhid.

4. Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP‎) yakni SMP swasta sebanyak 139 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 9.588 murid.

5. UNBK yang dilakukan dengan menggabung ke sekolah lain di antaranya, SMP negeri sebanyak 2 sekolah, SMPT sebanyak 6 sekolah, SMP swasta sebanyak 12 sekolah.

6. Peserta UNBK ‎MTs negeri sebanyak 894 dari tiga sekolah MTs negeri, sebanyak 1.587 siswa dari 19 MTs swasta.

7. Jumlah siswa yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP)‎ sebanyak 4.090 siswa dari 53 MTs swasta se-Kota Bekasi.



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …