ISMPI: Banyak Persoalan Pertanian Belum Tuntas

Rakerwil ISMPI di Unisma, Kamis (12/4/2018). (Foto: M Yakub/GoBekasi)

Rakerwil ISMPI di Unisma, Kamis (12/4/2018). (Foto: M Yakub/GoBekasi)

IKATAN Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) rapat
kerja wilayah (rakerwil) di Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi, Kamis (12/4/2018).

Rakerwil dibuka langsung oleh Sekretaris Jendral ISMPI, Hasby Abdullah, Rektor Unisma Bekasi, Nandang Najmulmunir dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Momon Sulaeman.

Rakerwil ISMPI ini direncakan berlangsung selama 3 hari ke depan yang akan ditutup saat penanaman mangrove di Pantai Muaragembong, Minggu (15/4/2018).

“Ini adalah rakerwil ISMPI wilayah II yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan Barat,” kata Ketua Pelaksana, Achmad Ramzy.

Pada penutupan, gabungan mahasiswa berencana akan melakukan penanaman mangrove di Pantai Muaragembong.

“Ada sekitar 150 mangrove yang akan kita tanam nanti di Pantai Muaragembong,” tutur Ramzy.

Ramzy menjelaskan, saat ini para peserta sedang diberikan seminar berkaitan tentang pertanian di Indonesia dengan tema “Peran generasi muda sebagai kreator dan inovator untuk meningkatkan nilai tambah pertanian 1”.

“Pembicaranya adalah Adi Pramudya yang merupakan juara Kick Andy Heroes 2017, Bambang Saputra yang merupakan peniulis buku Jaman Milenial dan Annie Marijam selaku Kabid Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Sekjen ISMPI, Hasby Abdullah, menegaskan jika saat ini peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk menghentikan kriminalisasi kepada petani-petani di Indonesia.

“Saya melihat jika saat ini masih banyak persoalan yang belum tuntas terutama alih fungsi lahan, banyak pengembang yang mengambil hak petani, petani dikriminalisasi,” sebutnya.

Ia menyebutkan jika seluruh pemerintahan tingkat kota kabupaten di Indoensia perlu mengetahui Undang-Undang Perlindungan Lahan Abadi. Menurutnya, selama ini pemerintah telah abai dengan membiarkan seluruh daerah krisis pertanian.

“Saat ini kami juga dengan teman-teman ISMPI sedang berupaya untuk memperetahankan kewajiban pengembang memberikan 20 persen perkebunan,” pungkasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …