Selain Baik bagi Tubuh, Kunyit Bantu Kulit Anda Tetap Kencang

Kunyit. Ilustrasi Foto: pixabay

Kunyit. Ilustrasi Foto: pixabay

KUNYIT, atau dalam istilah Latin disebut Curcuma longa, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India serta daerah tropis lainnya di Asia, termasuk Indonesia.

Tanaman jenis rimpang ini dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Biasanya kunyit digunakan sebagai campuran untuk pelengkap bumbu masakan. Selain itu sebagian masyarakat juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.

Dewasa ini, kunyit menjadi salah satu tanaman rempah yang mudah dijumpai sehari-hari. Menurut dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, satu yang menyebabkan kunyit begitu bermanfaat adalah kandungan kurkumin di dalamnya.

“Sebagai zat aktif, kurkumin merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat dari radikal bebas,” ujarnya.

Berdasarkan pemaparan dr. Kartika, penelitian juga mengungkap bahwa kurkumin dapat membantu mencegah dan mengobati kanker. Meski demikian, penelitian tersebut hanya sebatas pada hewan, sehingga perlu penelitian lebih lanjut pada manusia.

Keuntungan kunyit yang sudah teruji adalah sebagai antibakteri, antiperadangan, antitumor, antiseptik, dan sebagainya. Manfaat ini dapat dicapai melalui konsumsi kunyit dalam bentuk makanan, dengan dosis yang rendah, serta dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, kurkumin diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit. Sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker.

Kunyit yang kaya kandungan antioksidan mampu memperlambat proses penuaan kulit karena mampu melawan radikal bebas, menghambat peroksidasi, dan mengurangi kompleks zat besi. Sebuah penelitian pada 2009 melaporkan bahwa kunyit dapat mencegah pembentukan kulit keriput dan melanin.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan kulit:

1. Menghilangkan bekas jerawat.

Dr. Vasant Lad dari Ayurvedic Institute di New Mexico, merekomendasikan penggunaan kunyit dengan bubuk kayu cendana untuk mengobati bekas luka jerawat.

Caranya, campurkan sesendok kunyit sekaligus bubuk kayu cendana pada air matang. Setelahnya, bubuhkan sedikit kunyit pada area yang meradang dan biarkan hingga kering sebelum membilasnya. Lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali per minggu sampai gejala mereda.

2. Menyembuhkan luka dan eksim.

Kurkumin dan minyak atsiri dalam kunyit memiliki sifat antiperadangan yang baik untuk menyembuhkan luka serta mengobati eksim. Hasilnya, kunyit dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan tidak akan meninggalkan noda kuning pada kulit.

Untuk kulit yang luka, campur bubuk kunyit dengan irisan olahan buah tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan pada luka selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Mengobati kudis.

Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei. Gejalanya ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.

Untuk mengobati kudis, sediakan rimpang kunyit 50 gram, daun sambiloto 3 helai, belerang 20 g, minyak kelapa 3 sendok makan, dan tawas 10 g. Kemudian campur bahan-bahan tersebut (kecuali minyak kelapa) menjadi satu dan tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan dengan minyak kelapa dan aduk hingga rata.

Ramuan ini dapat dipergunakan dengan cara mengoleskan langsung pada kulit yang terserang kudis. Oleskan sesudah mandi, setidaknya 2 kali sehari.

4. Mengurangi pigmentasi kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kunyit dapat merangsang peremajaan kulit dan membantu mencerahkan kulit. Campur satu sendok teh kunyit bubuk dengan perasan lemon. Oleskan pada wajah sebagai masker untuk membantu memerangi pigmentasi kulit Anda.

5. Antipenuaan dini.

Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Kunyit juga bisa membantu mengurangi penuaan dini dan kulit keriput, serta melembutkan kulit. Buatlah masker wajah dengan mencampur kunyit yang sudah diparut dengan olahan timun. Gunakan ramuan ini dua minggu sekali untuk hasil maksimal.

Pada kenyataannya, kunyit memang dapat memuluskan kulit dengan kandungan kurkumin yang amat bermanfaat. Dengan kunyit, kecantikan kulit Anda pun bisa semakin terjaga. Meski termasuk bahan alami, pemakaian kunyit untuk perawatan kulit juga harus Anda lakukan dengan hati-hati. Jika terdapat kondisi kulit yang sulit ditangani dengan ramuan herbal, segera temui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(NP/RVS/klikdokter)



loading...

Feeds

Belum Capai Terget, Pendaftaran Agen Sosialisasi Pilgub Jabar Diperpanjang

Hasil Survei Bukan Syarat Kemenangan

TIM Pemenangan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Barat (Jabar) nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah), Waras …