Pemkot Bekasi Tetap Tolak Trase Tol Becakayu Lintasi Jalan Ahmad Yani

Jajaran unit lantas Polres Metropolitan Bekasi Kota saat meninjau kesiapan jalur mudik di kalimalang dan Tol Becakayu bersama Jasa  Raharja dan PT Waskita, Kamis (16/6/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah

Jajaran unit lantas Polres Metropolitan Bekasi Kota saat meninjau kesiapan jalur mudik di kalimalang dan Tol Becakayu bersama Jasa Raharja dan PT Waskita, Kamis (16/6/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah

PEMERINTAH Kota Bekasi tetap menolak trase tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) melintasi ruas Jalan Ahmad Yani.

Sebab, keberadaan tol layang di atas jalan protokol dapat menggangu estetika kota. Apalagi, jalan tersebut merupakan gerbang masuk ke pusat kota.

Untuk itu, trase tol Becakayu yang di Jakasampurna Bekasi Barat tidak akan dibelokan ke kiri (utara) Jalan Ahmad Yani, tapi terus ke arah timur atau Jalan Mayor Hasibuan sampai Junction Tambun.

Kepala Bidang Perencanaan pada Dinas Penataan Ruang Kota Bekasi, Erwin Guwinda, menyampaikan bahwa pemerintah tetap membuat ramp off (pintu keluar) ruas tol di Jalan Kemakmuran untuk memudahkan pengendara yang menuju ke sisi utara Kota Bekasi.

Erwin berharap agar pemerintah pusat membangun pintu keluar setelah melewati perlintasan kereta api di Stasiun Kota Bekasi.

Hal ini mempertimbangkan adanya kepadatan kendaraan di perlintasan sebidang pasca dioperasikannya jalur kereta dwi ganda atau Double-Double Track (DDT) pada tahun ini.

“Kalau DDT sudah dioperasikan, lalu lintas kereta api semakin meningkat sehingga perlintasan sebidang juga lebih sering ditutup. Dampaknya kemacetan semakin mengular di Stasiun Bekasi,” kata Erwin, Rabu (4/4/2018).

Tol Becakayu terdiri atas dua seksi yaitu Seksi I Casablanka-Jakasampurna sepanjang 11 kilometer dan Seksi II Jakasampurna-Duren Jaya sepanjang 10,04 kilometer.

Adapun ruas tol yang bisa dipakai yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna sejak awal November lalu.

Ruas Jakasampurna-Jalan Ahmad Yani kini sedang dibangun, ditargetkan rampung pada April tahun depan. Sedangkan untuk pembangunan seksi 2 dari Jatisampurna sampai Bekasi Timur sejauh 9,2 kilometer baru akan dimulai pada tahun ini. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …