9 Bus Trans Patriot Belum Ideal Dukung Aturan Ganjil Genap

Bus Trans Patriot. (Foto: Raiza/GoBekasi)

Bus Trans Patriot. (Foto: Raiza/GoBekasi)

PENGADAAN Bus Trans Patriot yang baru berjumlah 9 unit nampaknya belum mampu mendukung aturan sistem ganjil genap di Gerbang Tol Bekasi Timur dan Barat.

Sejatinya, Kota Bekasi membutuhkan 56 Bus Trans Patriot sebagaimana jumlah kelurahan yang ada di wilayah setempat dari 12 kecamatan.

Kebutuhan 56 Bus Trans Patriot di proyeksikan mampu membuat pengguna kendaraa pribadi beralih ke kendaraan umum atau massal.

Sehingga, penerapan sistem ganjil genap di ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta lebih effesien. Terlebih, dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di dalam Kota Bekasi.

Hal ini dibenarkan oleh Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB). Jika terealisasi, maka bukan tidak mungkin kendaraan ini lebih ramah lingkungan hingga ke pelosok Bekasi.

“Karena perbandingannya setiap kelurahan satu bus, jadi idealnya untuk 12 Kecamatan,” kata Ketua DTKB, Harun Alrasyid, Rabu (4/4/2018).

Soalnya, keberadaan Bus Trans Patriot akan melayani warga dari lingkungan ke titik penjemputan feeder Trans Jabodetabek untuk mengarah ke Jakarta dan sekitarnya.

Namun, bila transportasi angkutan perkotaan dipaksakan untuk menjadi angkutan penghubung sangat tidak memadai.

Sehingga kata dia, Pemerintah Kota Bekasi harus menyediakan bus tambahan Trans Patriot.

“Kecuali kalau pemerintah pusat mau memberi bantuan bus,” ujarnya.

Harun menjelaskan, ada dua trayek yang dilintasi oleh Trans Patriot yang seluruhnya bermuara ke Terminal Bekasi.

Pertama, Harapan Indah-Terminal Bekasi dan kedua Pondok gede-Terminal Bekasi. Bahkan, kedepanya aka ada penambahan koridor menyusul bertambahnya pengadaan bus ini.

Sejauh ini bus Trans Patriot milik Pemerintah Kota Bekasi sudah melakukan lelang operator. Total kendaraan yang akan di operasikan sebanyak 9 unit bus.

Rencananya, baru akan di operasian pada pertengahan April 2018. Sehingga, pengoperasian bus ini molor dari targetan sebelumnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …