Pelaku UMKM Belum Paham tentang Pajak dan Pembukuan

Korpdar pelaku UMKM, Selasa (3/4/2018). Foto: Yurizka Aditya/Gobekasi

Korpdar pelaku UMKM, Selasa (3/4/2018). Foto: Yurizka Aditya/Gobekasi

PELAKU Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) rupanya masih banyak yang belum memahami tentang pajak dan pembukuan.

Atas dasar itu, Ketua UKM Mandiri Sejahtera, Ina Marlina, menggandeng PT Quantum Konsultan dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Patriot melakukan kopi darat.

Tujuannya, agar para pelaku UMKM di Kota Bekasi mengerti tentang pajak dan pembukuan dari usaha yang digelutinya.

“Di kopdar ini kami memberikan pemahaman, setelah dijelaskan ternyata pajak itu murah dan gampang kok,” katanya, Selasa (3/4/2018).

Menurut Ina, UMKM harus mempunyai pembukuan yang rapi sehingga memberikan kredibilitas terhadap UMKM tersebut. Selain itu, pengusaha harus mempunyai ilmu bagaimana bisa memutar modal mereka.

“Ini yang membedakan pedagang dengan pengusaha. Kalau penjual mereka kan hanya menjual saja enggak tahu untung apa rugi, kalau pengusaha dia harus bisa bertahan sampai usahanya settled,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Operasional
BPRS Patriot, Asmawi, menambahkan bahwa pihaknya menyambut baik bagi para pengusaha home industri yang mau merapikan pembukuanya.

Terlebih lagi, nantinya industri ini akan dijadikan industri Komunitas.

“Jadi dengan kegiatan ini, nantinya kami akan melakukan pendampingan bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar, Sementara itu kita juga berikan permodalan bagi Koperasi dan UMKM, ” tuntasnya. (dyt/gob)



loading...

Feeds