Resensi: Chopperman, Komik Spin-off One Piece

Sampul Chopperman. (Foto: GoBekasi)

Sampul Chopperman. (Foto: GoBekasi)

Judul: Chopperman-Guru Kesayangan Kita Semua
Tebal: 143 halaman
Komikus: Hirofumi Takei
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Harga: Rp25.000
Tahun terbit: 2018

Chopperman sudah terbit sejak 2012 di Jepang, namun baru terbit Maret ini di Indonesia. Chopperman merupakan spin-off dari One Piece karya Eiichiro Oda yang menampilkan Tony Tony Chopper sebagai pemeran utama.

Manga ini ditulis oleh Hirofumi Takei, saudara penulis manga Shaman King, yaitu Hiroyumi Takei. Manga Chopperman juga menampilkan karakter utama dan pendukung serial One Piece.

Manga ini digarap dengan cerita ringan untuk 12 tahun ke atas: karena banyak umpatan kasar. Total ada 4 bab dalam manga ini, berkisah usaha antagonis Dr. Usodabada yang berambisi menguasai dunia, tapi ia terlalu pengecut untuk itu, sehingga hanya menyerang anak-anak saja.

Sama seperti di One Piece, profesi Chopper tak jauh dari hal medis. Ia adalah seorang guru kesehatan di sebuah SD. Kepala SD adalah Nami, bajak laut pencuri sekaligus navigator Bajak Laut Topi Jerami.

Review Chopperman

Komik Chopperman

Hari yang damai di sekolah dirusak oleh Dr. Usodabada. Ia kepalang dendam dengan Chopper saat dikalahkan pada bab 1. Akhirnya sepanjang manga ini ia terus menerjunkan pasukan andalan seperti siluman onigiri Zorokiller (Roronoa Zoro), monster genit Sanjiropus (Sanji Vinsmoke), siluman bunga Robiflowan (Nico Robin) dan robot raksasa Giant Luffy Bomber (Monkey D. Luffy).

Julukan choppeman didapat Chopper karena ia dapat berubah wujud dengan menelan pil khusus. Dengan wujud itulah dia dapat mengimbangi, bahkan menumpas, perlawanan Dr. Usodabada.

Manga ini cocok untuk bacaan ringan di sela-sela kesibukan. Walau cerita dan gambar manga ini terkesan untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Rekomendasi rating pembaca 12 tahun ke atas dari penerbit patut dipertimbangkan.

Banyak adegan mengundang gelak tawa dalam Chopperman, salah satunya pada Bab 1 ketika Chopper menunjukkan jamur berbentuk kotoran bernama ‘unko morimori take’ (jamur kotoran sehat). Tiba-tiba Nami muncul dan membuat Chopper beserta murid-muridnya kaget dan kabur.

“Jangan beri jamur aneh-aneh pada murid!” Kata Nami.

(dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …