Indeks Standar Pencemaran Udara Kota Bekasi Dianggap Baik

Ilustrasi kondisi polusi udara buruk. (Foto: Sumber)

Ilustrasi kondisi polusi udara buruk. (Foto: Sumber)

PEMERINTAH Kota Bekasi mengklaim indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Kota Bekasi berkategori baik.

Hal itu terungkap berdasarkan penilaian Direktorat Jendral Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Kementerian Lingkungan Hidup.

Jumhana Luthfi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, mengatakan, nilai ISPU Kota Bekasi mencapai 47. Poin yang diperoleh berkategori baik karena nilai yang masuk dalam lingkaran hijau adalah 0-50.

“Semakin kecil kualitas udara semakin membaik,” kata Luthfi, Senin (26/3/2018).

Kementerian Lingkungan Hidup memiliki standar nilai ISPU mulai 0-300.

Kota memiliki standar nilai ISPU 0-50 masuk dalam indikator baik, 51-101 masuk kategori sedang, 101-199 masuk kategori tidak sehat, 200-299 masuk kategori sangat tidak sehat, dan 300-3.000 masuk kategori berbahaya.

Menurut dia, pemerintah daerah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas udara.

Di antaranya penyelenggaraan hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) setiap hari Minggu pukul 05.30-10.00 dan pembuatan 1.000 taman di wilayah setempat.

“CFD yang digagas pemerintah bertujuan untuk menekan emisi gas buang kendaraan terutama di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Perumahan Grand Galaxy City, dan Summarecon Bekasi,” tandasnya. (adv/kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …