Perempuan Bisa Jadi Penyelenggara Pemilu, Begini Caranya

KPU Kota Bekasi melakukan sosialisasi kepada puluhan pemilih perempuan terkait tata cara mencoblos di Pilkada Kota Bekasi 2018, Kamis (22/3/2018). Foto: Istimewa/Gobekasi

KPU Kota Bekasi melakukan sosialisasi kepada puluhan pemilih perempuan terkait tata cara mencoblos di Pilkada Kota Bekasi 2018, Kamis (22/3/2018). Foto: Istimewa/Gobekasi

KAUM perempuan dalam Pemilu, tidak hanya sebagai pemilih, tetapi bisa juga bisa menjadi penyelenggara. Karena, banyak hal yang dapat dilakukan perempuan dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu.

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarheni, meminta agar kaum perempuan di Kota Bekasi harus aktif, khususnya membantu mensosialsiasikan tahapan pilkada serentak 27 juni nanti.

Dia menegaskan, kaum perempuan bisa menjadi penyelenggara Pemilu. Menurutnya, jika hanya memberikan suaranya pada saat hari pemungutan suara, adalah salah satu dari bentuk partisipasi.

“Perempuan juga dapat terlibat sebagai penyelenggara pemilihan, pengawasan, sosialisasi, pendidikan bagi pemilih, dan juga pemantauan hasil pemilihan,” katanya., Jumat (23/3/2018).

Dengan adanya kesetaraan gender, lanjut Nurul, perempuan memiliki potensi besar untuk mensukseskan Pilkada serentak 2018.

“Ada banyak peluang yang dapat diisi oleh kaum perempuan. Dengan tingkat pendidikan yang memadai seperti sekarang, perempuan bisa lebih berpartisipasi,” tegasnya.

Nurul mengakui, keterlibatan kaum perempuan dalam penyelenggara pemilu masih minim. Namun, peluang perempuan menjadi penyelenggara pemilu sangat banyak.

“Mulai dari menjadi anggota KPU, menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan, Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih, dan menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan masih banyak lagi lainnya,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …