Puluhan Warga Gandasari Unjuk Rasa di PT Excel Metal Industry, Tuntut Hal Ini…

Aliansi Warga Gandasari menyampaikan aspirasi di pintu utama PT Excel Metal Industry, Rabu (21/3/2018). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Aliansi Warga Gandasari menyampaikan aspirasi di pintu utama PT Excel Metal Industry, Rabu (21/3/2018). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

PULUHAN masyarakat yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Gandasari berunjuk rasa di depan PT Excel Metal Industry, Jalan Arteri Tol Cibitung, Kecamatan Cikarang Barat, Rabu (21/3/2018) pagi.

Bertempat di pintu utama PT Excel Metal Industry, masyarakat menyampaikan aspirasi sejak pagi. Beberapa memvawa kertas bertuliskan ‘Hargai Kami Pribumi Gandasari’, ‘PT Exel Abaikan Lingkungan’, ‘Menuntut Hak yang Dicaplok’ dan lainnya.

Koordinator aksi, Yunus, menjelaskan, masyarakat Gandasari merasakan imbas langsung dari polusi dan kebisingan yang ditimbulkan perusahaan.

“Perusahaan tidak kooperatif terhadap lingkungan. Kita sebelumnya sudah ada proses surat-menyurat dengan perusahaan, tetapi setahun tidak ada respons,” jelasnya .

Pihaknya mengaku sudah mengantongi rekomendasi kepala desa untuk berkomunikasi dengan perusahaan itu, namun Yunus mengaku, setiap kali datang ke perusahaan itu tidak pernah ditanggapi oleh petugas.

“Satpam tidak mau terima surat kita. Kita dicueki kayak maling, padahal kita ingin berkomunikasi yang baik dalam hal apapun,” jelasnya.

“PT Excel tidak ada IPAL (instalasi pengolahan air limbah). Air minum (air tanah) kita bisa tercemar. Gimana anak-cucu kita nanti,” sambungnya.

Selain itu, soal rekrutmen, Yunus menyebut hanya ada segelintir masyarakat Gandasari yang bekerja di PT Excel Metal Industry.

“Banyak masyarakat Gandasari masih menganggur,” jelasnya.

Warga mengaku ingin menjalin komunikasi dengan perusahaan itu, termasuk agar bermitra dengan pengusaha setempat.

Selain itu warga juga menginginkan agar perusahaan koperatif dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, karena berdomisili di Gandasari.

“Apabila tetap tidak direspons. Kita akan terus aksi dengan jumlah yang lebih besar lagi,” imbuhnya.

Perwakilan warga diperbolehkan masuk oleh perwakilan General Affairs PT Excel Metal Industry Haris untuk berunding.

“Silakan memilih perwakilan yang ditunjuk untuk masuk ke dalam,” jelasnya lewat pengeras suara di hadapan massa.

Sampai berita ini diturunkan, audiensi masih berlansung. (dam/gob)



loading...

Feeds

Belum Capai Terget, Pendaftaran Agen Sosialisasi Pilgub Jabar Diperpanjang

Hasil Survei Bukan Syarat Kemenangan

TIM Pemenangan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Barat (Jabar) nomor urut 2, TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah), Waras …