313 SMP di Kabupaten Bekasi Siap UNBK

(Ilustrasi) Siswa mengerjakan soal pada geladi bersih UNBK, Selasa (20/3/2018). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

(Ilustrasi) Siswa mengerjakan soal pada geladi bersih UNBK, Selasa (20/3/2018). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

SEBANYAK total 313 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bekasi siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Annisa, mengatakan hal itu. Simulasi UNBK di Kabupaten Bekasi telah digelar 2 kali. Pertama, pada 14-15 Februari 2018 dan 19-20 Maret 2018.

“Insya Allah siap. Termasuk Muaragembong termasuk salah satu yang siap UNBK. Ujung utara, timur, barat, selatan Kabupaten Bekasi siap UNBK,” katanya saat ditemui di SMPN 1 Tambun Selatan, Selasa (20/3/2018).

Total siswa SMP yang akan ikut UNBK mencapai 37.768 orang. Dua kali gelaran simulasi UNBK untuk mengecek kesiapan teknis.

Pertama, simulasi berfokus pada uji jaringan dan menurut Annisa berjalan lancar. Kemudian pada kali kedua, berfokus pada teknis penyelenggaraan UNBK, ketika siswa juga mulai mengerjakan soal.

“Untuk UNBK fasilitas tiap ruangan berbeda dengan yang lain. Seperti sistem UKG, 1 server ditampung di ruangan itu dan dalam 1 sesi paling banyak 40 siswa,” jelasnya.

Penyediaan server tiap ruangan untuk menyimpan data peserta UNBK secara langsung. Itulah salah satu alasan mengapa SMP negeri tidak menggunakan fiber optik Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Ada tim yang mendampingi untuk teknis. Mereka yang pernah menangani UNBK SMK. Tim itu dibagi per zona untuk SMP. Ada zona barat, timur, utara, selatan. Zona barat ada Tambun, Cikarang Barat, Cibitung dan Setu,” kata Kepala SMPN 1 Tambun Selatan itu.

Jaringan internet di tiap sekolah menurutnya telah siap dan tinggal menunggu server di Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud agar dapat mengakses soal.

Dari segi kelistrikan, tiap sekolah akan mencadangkan generator jika sewaktu-waktu terjadi mati listrik.

Selain itu Dinas Pendidikan juga akan menyurati Perusahaan Listrik Nasional (PLN) setempat untuk memberi tahu bahwa sekolah tengah mengadakan UNBK.Hal itu sebagai upaya antisipatif jika mati listrik. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …